SOLOPOS.COM - Seekor kuda berenang di Kawasan Wisata Telaga Sarangan di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang viral di media sosial. (Istimewa)

Solopos.com, MAGETAN — Viral di media sosial video yang memperlihatkan seekor kuda jantan sedang berenang di tempat wisata Telaga Sarangan yang berada di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Dalam unggahan video berdurasi 25 detik tersebut memperlihatkan seekor kuda tengah berenang kesana-kemari seolah tercebur secara tidak sengaja ke dalam telaga. Video itu diperkirakan diunggah oleh salah satu wisatawan yang saat itu heran dengan kejadian yang dilihatnya tersebut. Video itu pun akhirnya tersebar dan viral di media sosial dan mendapat beragam tanggapan dari warganet.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Belakangan diketahui kuda tersebut milik Marjianto, salah satu penyedia jasa persewaan kuda di sekitar Telaga Sarangan. Kuda jantan itu memang sengaja diceburkan ke telaga yang memiliki kedalaman lebih dari 3 meter itu untuk dimandikan.

Marjianto, pemilik kuda itu, mengatakan biasanya ia memandikan kuda dengan cara yang tidak lazim tersebut seusai kuda tersebut kelelahan mengangkut para wisatawan. Menurutnya, aktivitas itu aman dilakukan karena kuda miliknya sudah terlatih dan dengan di bawah pengawasannya.

“Biasanya memang saya mandikan di Telaga Sarangan ini kalau kudanya sudah mulai kelelahan. Itu saya lakukan biar sehat kudanya. Kuda saya sudah terlatih dan pintar berenang jadi saya tidak khawatir kalau tenggelam,” katanya, Kamis (4/1/2024).

Marjianto menambahkan kegiatan memandikan kuda di telaga itu biasanya berlangsung selama setengah jam. Untuk memperhatikan keselamatan kudanya, dia tetap mengaitkan tali pada kudanya untuk berjaga-jaga.

“Meski kuda saya pintar berenang, tapi masih saya tali untuk berjaga-jaga. Biasanya selama setengah jam saya mandikan. Pas saya mandikan gitu pengunjung pada lihat, kadang ada yang foto dan video juga,” ujarnya.

Selain di jagad maya, cara unik memandikan kuda itu juga menarik perhatian para wisatawan di lokasi wisata Telaga Sarangan.  Dikatakan Usman Ali, salah satu wisatawan asal Surabaya, mengaku heran melihat cara memandikan kuda dengan cara diceburkan ke telaga. Dia mengaku baru pertama kali melihat kuda berenang di telaga.

“Kalau kuda biasanya mandi hanya di sungai atau dimandikan oleh pemiliknya. Namun kuda ini berenang di telaga dan kejadian ini sangat unik apalagi di lokasi wisata. Saya baru pertama kali melihat seperti ini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya