SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melantik penjabat bupati dan wali kota, Minggu (24/9/2023). (Istimewa/Pemprov Jatim)

Solopos.com, SURABAYA — Sebanyak 13 Penjabat (Pj) bupati dan satu Penjabat wali kota di Jawa Timur dilantik Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Minggu (24/9/2023) di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Mereka akan mengisi kekosongan masa jabatan para bupati dan wali kota yang telah selesai masa tugasnya.

Pada sesi pertama, Gubernur melanti Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni; Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto; PJ Bupati Pamekasan, Masrukin; Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto; Pj Bupati Bangkalan, Arif Mulya Adi; dan Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kemudian pada sesi kedua, Gubernur Khofifah melanti Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto; Pj Bupati Jombang, Sugiat; Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna; Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto; Pj Bupati Magetan, Hergunadi; dan Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat.

Pada sesi ketiga yang dilaksanakan pada Senin (25/9/2023), Khofifah melantik Heru Suseno sebagai Penjabat Bupati Tulungagung.

Khofifah berpesan kepada seluruh penjabat bupati dan wali kota yang telah dilantik itu agar mampu menjalin koordinasi secara intensif bersama seluruh jajarannya dan DPRD di masing-masing daerah. Apalagi saat ini masih dalam tahap pembahasan rancangan APBD.

Dia menyampaikan agar para Pj bupati dan wali kota melaksanakan sejumlah arahan Presiden Joko Widodo, antara lain menurunkan angka kemiskinan ekstrem, menarik investasi, melanjutkan pembangunan infrastruktur, dan menjalankan arahan strategis presiden.

Dia juga meminta kepada seluruh penjabat bupati dan wali kota untuk menjaga kondusifitas di daerah masing-masing saat memasuki tahun politik.

“Koordinasi dengan Dandim, Kapolres, Kajari menjadi suatu hal yang penting. Ingat Jawa Timur jangan sampai batuk. Kalau Jawa Timur batuk dropletnya sampai ibu kota,” kata dia yang dikutip dari siaran resmi.

Pada 9 Agustus 2023, Gubernur Khofifah mengirimkan 39 nama calon Penjabat bupati/wali kota untuk 13 kabupaten/kota di Jatim, melalui suratnya nomor 131/30005/011.2/2023, tertanggal 9 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya