SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas mengenakan kamera tubuh (bodycam) di Polrestabes Surabaya, Rabu (20/12/2023). (ANTARA/Hanif Nashrullah)

Solopos.com, SURABAYA — Petugas kepolisian dari Polrestabes Surabaya bakal dilengkapi dengan alat canggih saat bertugas di lapangan. Alat canggih itu adalah kamera tubuh atau bodycam.

Polrestabes Surabaya menerima sebanyak 50 unit bodycam dari Polda Jawa Timur. Nilai dari 50 unit bodycam itu Rp1,3 miliar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto, mengatakan 50 unit bodycam yang diserahkan kepada Polrestabes Surabaya diperoleh dari hibah dua perusahaan swasta, yaitu PT Mega Pratama Unggul dan Spintech.

“Total nilai 50 unit bodycam ini Rp1,3 miliar,” katanya kepada wartawan di Markas Polrestabes Surabaya, Rabu (20/12/2023).

Bodycam merupakan sistem perekaman audio, video atau fotografi dari sudut pandang petugas yang memakainya.

Irjen Pol. Imam menjelaskan rekaman terhadap situasi yang terjadi dari polisi di lapangan terkoneksi secara realtime dengan “Command Center” di Markas Polrestabes Surabaya, sehingga semakin memudahkan koordinasi seandainya membutuhkan dukungan personel tambahan demi terciptanya kondisi yang kondusif.

“Mudah-mudahan ini adalah titik tolak dari penggunaan teknologi. Ke depan mudah-mudahan bisa berkembang lebih banyak. Kalau bisa idealnya seluruh anggota yang di lapangan menggunakan bodycam,” ujarnya yang dikutip dari Antara.

Selain sudah dapat digunakan untuk kegiatan patroli rutin sehari-hari, teknologi bodycam juga akan dipakai petugas Polrestabes Surabaya dalam gelaran Operasi Lilin Semeru di penghujung tahun 2023, serta pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya