SOLOPOS.COM - Salah satu warga binaan pemasyarakatan di Rutan Perempuan Surabaya mengikuti program hapus tato, Rabu (20/12/2023). (ANTARA/HO-Kanwilkumham Jatim)

Solopos.com, SIDOARJO — Belasan orang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Perempuan Surabaya, Jawa Timur, mengikuti program hapus tato yang ada di tubuh mereka. Belasan perempuan warga binaan tersebut menghapus tato atas kemauan mereka sendiri.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Perempuan Surabaya, Putri Rahmawaty Herlambang, mengatakan program hapus tato tersebut merupakan kerja sama dengan Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF), Youth Care, dan Better Youth Foundation. Ada sebanyak 17 warga binaan yang mengikuti kegiatan ini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Para warga binaan yang mengikuti kegiatan ini telah menjalani skrining kesehatan oleh tim medis poliklinik rutan,” kata dia di Sidoarjo, Rabu (20/12/2023).

Dia mengatakan kegiatan hapus tato kali ini merupakan pertama kali yang dilaksanakan di Rutan Perempuan Surabaya. Kegiatan ini merupakan ikhtiar membantu proses perubahan warga binaan ke arah yang lebih baik lagi.

“Hapus tato ini juga bagian dari program pembinaan. Kami sangat mendukung warga binaan yang berkeinginan untuk berubah sehingga stigma negatif tidak melekat pada dirinya ketika sudah bebas,” ucapnya yang dikutip dari Antara.

Putri menuturkan warga binaan yang mengiktui kegiatan ini murni atas kemauan mereka sendiri dan tanpa ada paksanaan.

“Hijrah itu indah, kami tidak pernah memaksa. Ini murni keinginan warga binaan sendiri untuk ikut kegiatan hapus tato,” ujarnya.

Penghapusan tato dilakukan dengan metode laser yang mempermudah proses terangkatnya tinta di dalam kulit. Sebelum pengerjaan, warga binaan harus membersihkan terlebih dahulu bagian tato yang akan dihapus dan diberi anestesi agar ketika proses laser sehingga tidak terasa sakit.

“Tato yang dihapus juga tidak langsung hilang melainkan harus dilakukan beberapa kali, tergantung besar tato, warna tato, bahan tinta yang digunakan, dan lain sebagainya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya