SOLOPOS.COM - Aksi salah satu grup reog dalam Festival Reog Ponorogo di Alun-alun Ponorogo, Kamis (28/7/2022). (Solopos.com-Ronaa Nisa'us Sholikhah)

Solopos.com, PONOROGO – Agenda wisata Festival Nasional Reog Ponorogo (FRNP) tahun ini kembali masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2024. Festival reog ini masuk menjadi agenda di KEN sudah tahun ketiga.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, mengatakan Ponorogo bersaing ketat dengan ribuan event wisata yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Tim kurator dari Kemenparekraf tetap memutuskan FNRP layak masuk KEN,” kata dia yang dikutip dari ponorogo.go.id, Jumat (2/2/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno telah meluncurkan 110 event terbaik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 27 Januari 2024.

Judha menyampaikan tim kurator dari Kemenparekraf memberikan penilaian dari aspek event, pemberdayaan seniman, pelaku jasa pariwisata, dampak terhadap perekonomian, dampak terhadap terhadap pariwisata, regenerasi kebudayaan, serta sinergi pemerintah dengan seniman dalam penyusunan daftar KEN.

“Festival Nasional Reog Ponorogo memenuhi semua aspek-aspek penilaian tersebut,” ujar dia.

Dengan masuk dalam agenda wisata KEN, Judha menjelaskan ada tanggung jawab besar dalam mempertahankan kualitas event, menata manajemen kegiatan, serta menggali inovasi agar kualitas festival tetap terjaga.

“Masuk KEN adalah sebuah prestasi yang membanggakan sekaligus mengandung tanggung jawab besar,” kata dia.

FNRP tercatat sebagai festival berkelas nasional dengan durasi pementasan terpanjang. Agenda wisata ini berlangsung selama empat malam berturut-turut. Festival reog ini telah digelar sebanyak 27 kali dengan menampilkan puluhan grup reog secara bergiliran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya