SOLOPOS.COM - Proses pemeriksaan urine pekerja KA di Stasiun Madiun, Senin (18/12/2023). (Istimewa/PT KAI Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Sebanyak 150 pekerja di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun menjalani pemeriksaan tes narkoba, Senin (18/12/2023). Pemeriksaan ini dilakukan menjelang masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2024.

Seratusan orang yang diperiksa itu terdiri dari masinis, asisten masinis, kondektur, teknisi kereta api, polsuska, dan petugas operasional stasiun. Pemeriksaan ini dilakukan di sejumlah lokasi secara acak di wilayah Daop 7 Madiun.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Manajer Humas PR KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo, mengatakan pemeriksaan tes narkoba ini melibatkan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan KA kepada para penumpang. Terutama untuk angkutan Nataru 2024.

“Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024 berlangsung selama 18 hari, mulai tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024,” jelas dia.

Kuswardojo menuturkan pemeriksaan ini dilakukan secara mendadak. Selain dilakukan di stasiun, pemeriksaan juga dilakukan secara acak di lokasi-lokasi di wilayah Daop 7 Madiun, seperti di pintu perlintasan KA, UPT perawatan prasarana KA, dan stasiun.

Tujuan dilakukan pemeriksaan tes narkoba ini, kata dia, untuk meyakinkan bahwa petugas yang berdinas benar-benar dalam kondisi sehat sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani pelanggan secara langsung.

Dalam tes narkoba ini, Kuswardojo menuturkan pihaknya menggunakan alat tes urine dengan enam parameter untuk mengetahui kandungan Amphetamine (AMP), Morphin/Opiate (MOP), Mariyuana (THC), Cocaine (COC), Methaphetamine (MET), dan Benzodiazepine (BZD).

“Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan lingkungan PT KAI khususnya para pekerja yang bertugas sebagai ASP dalam kondisi yang sehat dan baik, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang [Napza],” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya