SOLOPOS.COM - Dua warga binaan Lapas Kelas I Madiun yang beragama Budha mendapatkan remisi pada perayaan Waisak 2024. (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN – Dua warga binaan pemasyarakatan atau narapidana yang beragama Budha di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Madiun, Jawa Timur, mendapatkan remisi khusus dalam perayaan Waisak 2024.

Kedua warga binaan yang mendapatkan remisi tersebut adalah EA mendapatkan potongan hukuman 1 bulan 15 hari dan EY mendapatkan potongan 1 bulan. Kedua narapidana tersebut mendapatkan remisi karena berkelakukan baik dan berpartisipasi aktif dalam berbagai program pembinaan yang diselenggarakan di Lapas.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Lapas Kelas I Madiun, Kadek Anton Budiharta, mengatakan pemberian remisi ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya dan komitmen kedua warga binaan dalam menjalani masa hukuman dengan sikap positif dan penuh tanggaung jawab.

Dia menyampaikan program pembinaan di Lapas Kelas I Madiun meliputi berbagai kegiatan edukatif dan rehabilitatif yang bertujuan untuk mempersiapkan warga binaan agar dapat kembali ke masyarakatan dengan bekal keterampilan dan sikap yang lebih baik.

“Remisi khusus waisak ini diberikan kepada warga binaan yang menunjukkan perubahan perilaku yang signifikan serta keikutsertaan dalam program pembinaan yang diselenggarakan pihak lapas,” kata Anton, Kamis (23/5/2024).

Dia berharap pemberian remisi khusus ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi warga binaan lainnya untuk selalu berusaha berkelakukan baik dan aktif dalam mengikuti setiap program pembinaan yang ada. Menurutnya, tujuan utama dari lembaga pemasyarakatan adalah membentuk warga binaan yang berintegritas dan siap kembali ke masyarakat dapat tercapai.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Heni Yuwono, mengatakan Hari Raya Waisak ini menjadi momentum yang tepat untuk membeirkan penghargaan kepada warga binaan yang beragama Budha dan telah menunjukkan perubahan positif. Selain itu, juga menjadi simbol bahwa setiap orang berhak mendapatkan kesempatan kedua untuk memperbaiki diri dan meraih masa depan yang lebih baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya