SOLOPOS.COM - Petugas memeriksa kondisi kesehatan para pendaki di Pos Loket Pendakian Gunung Panderman Buthak setelah dievakasi, di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (23/5/2024). (ANTARA/HO-BPBD Kota Batu)

Solopos.com, BATU – Empat orang pendaki di Gunung Buthak, Kota Batu, Jawa timur, mengalami hipotermia. Para pendaki itu kemudian dievakuasi oleh petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu.

Keempat pendaki yang mengalami hipotermia itu adalah Agus Firdaus, 17; Fattah Mahendra, 17; Farel Bagus Firmansyah, 16; dan Gabriel Yustinus A Paulo, 16. Mereka merupakan warga Kabupaten Sidoarjo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, mengatakan empat pendaki mengalami hipotermia tersebut telah dievakuasi oleh petugas gabungan kurang lebih pada pukul 09.00 WIB.

“Tim melakukan evakuasi terhadap empat orang pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Buthak,” kata Agung Kamis (23/5/2024).

Dia mengatakan proses evakuasi dilakukan BPBD Kota Batu bersama Petugas Pos Pendakian Gunung Panderman, Perhutani RPH Oro-Oro Ombo, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Tani Desa Pesanggrahan, PSC Kota Batu dan masyarakat setempat.

“Survivor berhasil dievakuasi pada Petak 87 dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh PSC Kota Batu di Pos Loket Pendakian Gunung Panderman Buthak,” katanya yang dikutip dari Antara.

Para pendaki tersebut berangkat dari Pos Pendakian Gunung Panderman menuju Gunung Buthak pada Kamis (23/5/2024) kurang lebih pada pukul 01.30 WIB. Pada saat melakukan pendakian, para pendaki tersebut tersesat.

“Kemudian pada pukul 05.30 WIB, mereka menghubungi pos pendakian dan kemudian diteruskan ke Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kota Batu,” katanya.

Keempat pendaki tersebut berhasil dievakuasi tim gabungan dalam kondisi selamat. BPBD Kota Batu memberikan imbauan kepada para pendaki untuk mencegah hipotermia dengan menggunakan pakaian hangat seperti jaket tahan angin dan tahan air.

“Karena jika tidak, risiko terkena hipotermia lebih tinggi,” katanya.

Selain itu, pendaki diimbau untuk membawa pakaian ganti lebih agar bisa mengganti baju jika terkena air, selalu menyediakan minuman dan makanan hangat, tetapi menghindari kafein dan alkohol, serta mengonsumsi banyak makanan ringan untuk mengganti energi yang hilang.

Kemudian, mempersiapkan kondisi fisik sebelum melakukan pendakian, tidak melakukan pendakian secara mandiri dan disarankan untuk berkelompok, memahami peta jalur pendakian dan menyimpan nomor petugas pos pendakian atau tim SAR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya