SOLOPOS.COM - Polisi saat mengamankan lalu lintas di lokasi kecelakaan bus yang bertubrukan dengan truk di Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (22/5/2024) dini hari. (ANTARA/ HO-polisi)

Solopos.com, MALANG — Pihak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) 1 Wonosari, Kabupaten Malang memberikan penjelasan terkait peristiwa kecelakaan bus rombongan studi tur di Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (21/5/2024) malam.

Kepala SMP PGRI 1 Wonosari, Hartono, saat dikonfirmasi dari Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu, mengatakan rombongan studi tur tersebut berangkat dari Kabupaten Malang menuju Yogyakarta pada Senin (20/5/2024) sekitar pukul 20.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Jumlah siswa itu sebanyak 31 anak. Jika dengan pendampingnya total 50 orang,” kata Hartono sebagaimana dilansir Antara, Rabu (22/5/2024).

Hartono menjelaskan rombongan tersebut tiba di Yogyakarta pada Selasa (21/5/2024), kemudian mengunjungi empat lokasi di wilayah tersebut, yakni Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Tebing Breksi, dan Malioboro.

Menurutnya, peristiwa kecelakaan bus di Tol Jombang terjadi pada saat rombongan akan kembali ke Kabupaten Malang. Saat peristiwa kecelakaan terjadi, seluruh penumpang dalam keadaan tertidur, sehingga tidak mengetahui secara pasti peristiwa kecelakaan.

“Semua sedang tidur, saat itu tengah malam jadi senyap. Tidak ada yang tahu. Saya sendiri juga tidur, kemudian terkejut saat ada hentakan tabrakan itu,” kata Hartono yang turut serta dalam rombongan tersebut.

Dalam peristiwa tersebut, lanjutnya, ada satu orang siswa yang mengalami luka-luka, sementara 30 siswa lainnya selamat. Sebanyak 14 orang lainnya yang mengalami luka adalah para guru dan pendamping.

“Siswa yang selamat itu 30 orang, yang luka ringan satu orang. Kemudian, yang luka-luka lainnya guru sama pendamping, sama juga ada tukang bersih-bersih di sekolah,” katanya.

Bus pariwisata yang membawa rombongan studi tur SMP PGRI 1 Wonosari Kabupaten Malang dengan nomor polisi W 7422 UP menabrak sebuah truk pada KM 695+400A ruas Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jawa Timur, Selasa malam, (21/5/2024).

Akibat kecelakaan tersebut, dua orang penumpang dilaporkan tewas dan 15 orang mengalami luka-luka. Korban meninggal dunia ialah kernet bus Edy Sulistiyono, 46, warga Kabupaten Blitar dan guru SMP PGRI 1 Wonosari Malang Edy Crisna Handaka, 62, warga Kabupaten Malang.

Peristiwa kecelakaan tersebut bermula saat bus melaju dari barat ke timur atau dari arah Nganjuk ke Mojokerto sekitar pada pukul 23.45 WIB. Bus tersebut, kemudian mendadak oleng ke arah kiri saat melintas di KM 695+400A.

Saat oleng ke kiri, bus tersebut kemudian menabrak truk dengan nomor polisi N 9674 UH yang melaju di lajur kiri dan membuat bagian depan bus hancur. Truk bermuatan gerabah tersebut dikemudikan oleh Arif Yulianto, 37, warga Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya