SOLOPOS.COM - Ilustrasi logistik Pemilu. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 14 nama calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur periode 2024-2029 lolos tahapan tes kesehatan dan wawancara, selanjutnya mereka memperebutkan tujuh kursi melalui tahapan uji kepatutan dan kelayakan yang digelar oleh KPU RI.

“Kami hanya menominasikan 14 nama, lalu KPU RI memilih tujuh nama,” kata Ketua Tim Seleksi, Sasongko Budi Susetyo, Minggu (17/12/2023), dilansir Antara.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pelaksanaan tes masih menunggu jadwal dari KPU RI, nantinya 14 nama calon komisioner KPU Jawa Timur akan langsung diundang untuk mengikuti tahapan tersebut.

Sementara, Sasongko menyebut rangkaian seleksi sudah dimulai pada akhir Oktober 2023, jumlah pendaftar mencapai 129 orang

Kemudian setelah melewati beberapa kali tahapan, seperti tes tulis dan psikologi. Hasilnya sebanyak 28 peserta lolos, kemudian mengikuti tes kesehatan dan wawancara.

Lebih lanjut, dari pengujian terakhir tim seleksi memutuskan 14 nama lolos untuk selanjutnya mengikuti uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di KPU RI.

Dia tak menampik para peserta seleksi calon komisioner KPU RI merupakan sosok-sosok berkompeten dan berpengalaman sebagai penyelenggara pemilihan umum (pemilu).

Penetapan 14 nama terakhir untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan bukan perkara mudah.

“Kami juga cukup kesulitan untuk memilih calon-calon hebat ini, jadi cukup ada perdebatan,” ucapnya.

Sasongko berharap tujuh orang yang nantinya ditetapkan oleh KPU RI sebagai komisioner baru di KPU Jawa Timur periode 2024-2029 bisa sepenuhnya fokus melaksanakan tugas seputar kepemiluan.

Apalagi setelah masa Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), komisioner KPU Jawa Timur periode sebelumnya purna tugas, pada 20 Februari 2024.

“Jadi begitu komisioner baru dilantik mereka langsung melanjutkan yang sebelumnya, karena Pemilu mulai tanggal 14 Februari 2024 dan mereka yang lama itu selesai di 20 Februari 2024,” ujar Sasongko.

Berikut daftar 14 nama calon komisioner KPU Jawa Timur:

1. Aang Kunafi???????

2. Achmad Arif

3. Ahmad Udi Masjkur

4. Choirul Umam

5. Dini Rochmawati

6. Eka Wisnu Wardhana

7. Habib M Rohan

8. Insan Qoriawan

9. Lukman Hakim

10. Mahrus Ali

11. Miftahur Rozaq



12. Nur Salim

13. Purnomo Satriyo P

14. Soeprayitno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya