SOLOPOS.COM - Salah satu pengunjung Air Terjun Suwono asal Kabupaten Madiun yang sedang berswafoto di area air terjun. (Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, NGAWI — Libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024 tinggal menghitung hari. Bagi Anda yang masih bingung untuk mencari destinasi wisata untuk mengisi hari libur, tempat wisata Air Terjun Suwono di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, bisa menjadi pilihan.

Tempat wisata yang ada di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, ini menyuguhkan keindahan alam yang masih alami dan suasana sejuk. Air terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu, berada di daerah yang terpencil dan tersembunyi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Air Terjun Suwono memiliki ketinggian sekitar 20-30 meter dengan kedalaman kolam sekitar 70 cm. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan sekitar 600 meter dari area parkir.

Pengunjung bisa menempuh perjalanan dengan motor atau mobil. Namun, disarankan menggunakan sepeda motor karena akses jalan yang sempit. Dari area parkir menuju Air Terjun Suwono harus treking atau berjalan sekitar 600 meter atau sekitar 15 menit perjalanan.

Selama perjalanan menuju air terjun setinggi 20 hingga 30 meter ini, pengelola menyediakan gazebo, juga spot foto menarik untuk para pengunjung. Selain itu pengunjung juga akan disajikan pemandangan indah hutan pinus, bunga-bunga, dan tumbuhan yang lain.

Untuk dapat memasuki Air Terjun Suwono dikenakan tarif Rp15.000 per orang. Dengan biaya tersebut para pengunjung sudah dapat berenang dan bermain air, hunting foto pemandangan atau berfoto bersama teman serta keluarga.

Reyosa salah seorang pengunjung dari Kabupaten Madiun, Jawa Timur,  menuturkan dirinya tidak menyesal mengahabiskan waktu di Air Terjun Suwono Park Ngawi ini. Sebab menurutnya suasana kaki pegunungan sangat kental terasa di area wisata ini.

“Selain pemandangannya yang bagus. Di sini suasananya masih sejuk, asri sangat cocok buat menghabiskan waktu sama keluarga. Tiket masuknya juga tergolong murah jika dibanding dengan suasana nyaman yang disajikan,” katanya.

Menurutnya, yang menjadikan Air Terjun Suwono ini patut untuk dikunjungi yakni di area air terjun pengunjung dapat bermain air. Karena aliran airnya tidak begitu deras. Selain itu, suara gemericik air yang memecah bebatuan itu membuat suasana menjadi nyaman sehingga pengunjung dapat lebih dekat dengan alam.

“Di sini bisa bermain air, suara gemericik airnya itu menjadi tenang gitu serasa menyatu dengan alam,” ujarnya.

Air Terjun Suwono juga memiliki beberapa spot foto. Di antaranya ada payung yang menggantung, bambu yang ditata seperti gerbang, dan tentunya background alam yang indah.  Selain itu, di Air Terjun Suwono juga disediakan camping ground yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bermalam. Pengunjung juga diperbolehkan untuk menyalakan api unggun di area perkemahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya