SOLOPOS.COM - Lokasi kolam ikan koi di Wisata Alam Sumber Koso di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. (Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, NGAWI — Lereng Gunung Lawu memang tak kekurangan tempat untuk dijadikan destinasi berlibur. Banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Wisata Alam Sumber Koso di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Wisata Alam Sumber Koso awalnya hanya sumber mata air yang menjadi nadi kehidupan bagi warga sekitar. Dari sumber tersebut dapat mengalirkan air bersih ke ribuan rumah warga.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Potensi sumber air yang melimpah disulap oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) desa setempat untuk dijadikan tempat berwisata yang mempesona bagi wisatawan. Meski demikian, Pokdarwis Desa Girikerto juga tetap bijak dalam memanfaatkan air di Sumber Koso tersebut. Sebagian air yang tidak digunakaan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga dimanfaatkan untuk mengaliri kolam ikan hias berbagai jenis.

Untuk menikmati wana wisata ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Sebab, harga tiket masuk Sumber Koso hanya Rp10.000 per pengunjung.

Daya tarik utama tempat wisata ini yakni terdapat kolam ikan yang sangat jernih dan menjadi habitat bagi ribuan ikan warna-warni. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan beragam ukuran ikan koi tersebut dengan memberinya makan secara langsung.

Puri Dyah Yohanistasari, wisatawan asal Madiun, mengatakan dirinya tertarik mengunjungi tempat tersebut setelah melihat postingan di media sosial. Dirinya mengaku senang di tempat wisata ini karena hawanya sejuk dan tenang. Sangat cocok untuk bersantai dengan keluarga.

“Hawanya sejuk, dan sensasi kasih makan ikan bikin tenang,” ujar Puri, Minggu (29/10/2023).

Tidak jauh dari lokasi kolam, pengunjung bisa berjalan-jalan di taman bunga yang tertata rapi. Di sana juga terdapat berbagai bunga warna-warni yang indah dan memanjakan mata.

Dan jika Anda adalah penyuka fotografi, tempat ini juga menyediakan berbagai spot foto Instagramable. Selain taman bunga, pengunjung bisa mengabadikan momen dengan mengenakan baju khas Jepang berlatar pohon bunga sakura.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Girikerto, Wahyu Rudianto, memamaparkan Wisata Sumber Koso ini kebanyakan didatangi pengunjung saat akhir pekan. Tak sedikit juga wisatawan yang berasal dari luar daerah Ngawi.

”Setiap minggunya ada sekitar 500 pengunjung. Kebanyakan tertarik kolam ikan dan hawa sejuknya,” kata Wahyu, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya