SOLOPOS.COM - Siswa MTs Negeri 12 Madiun membagikan jamu dan bunga kepada para ibu pedagang di Pasar Barakan, Kabupaten Madiun, untuk memperingati Hari Ibu, Kamis (21/12/2023). (Istimewa/MTsN 12 Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Puluhan pelajar dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 12 Madiun membagikan jamu kepada ibu-ibu pedagang di pasar tradisional. Kegiatan ini untuk memperingati Hari Ibu ke-95 yang dirayakan setiap 22 Desember.

Para siswa MTsN 12 Madiun itu membawa jamu berupa jamu beras kencur dan kunir asem dalam botol. Kemudian mereka membagikannya kepada para ibu yang berjualan di Pasar Barakan, Desa Dempelan, Kecamatan/Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (21/12/202). Selain jamu, para siswa itu juga memberikan setangkai bunga yang mereka bikin sendiri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala MTsN 12 Madiun, Asnurul Hidayati, mengatakan kegiatan ini melibatkan puluhan siswa kelas VII. Mereka mendatangi pasar tradisional tersebut dengan mengayuh sepeda bersama-bersama dari sekolah mereka yang berjarak sekitar 3 kilometer.

“Tadi berangkat dari sekolah sekitar pukul 07.30 WIB menuju ke Pasar Barakan. Ada 29 siswa dan tujuh guru yang terlibat dalam kegiatan ini,” kata dia.

Jamu yang dibagikan kepada para ibu-ibu pedagang itu merupakan produk dari para siswa. Kegiatan ini juga menjadi puncak program Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5PRA).

Nurul menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk membangun kreativitas serta karakter siswa. Dalam kegiatan ini, para siswa juga memberikan semangat kepada para ibu agar tetap semangat berjualan dalam rangka mencari nafkah bagi keluarga.

“Ini sebagai bentuk cinta kepada para ibu Indonesia atas perjuangan dalam menjalankan UMKM. Sekaligus untuk mendidik siswa mempunyai rasa hormat kepada orang tua dan menghargai perjuangan ibu,” jelasnya.

Meski baru pertama dilaksanakan, para siswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya