SOLOPOS.COM - Konferensi pers terkait peringatan 100 tahun Pondok Gontor. (Istimewa/Pondok Gontor)

Solopos.com, PONOROGO — Puluhan ribu orang santri akan melakukan sujud syukur sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan 100 tahun Pondok Gontor. Kegiatan itu digelar pada Rabu (27/9/2023) di seluruh kampus putra, Universitas Darussalam Gontor, dan seluruh pondok alumni Gontor.

Ketua Umum peringatan 100 tahun Pondok Gontor, K. H. Hamid Fahmy Zarkasyi, mengatakan rangkaian kegiatan 100 tahun Pondok Gontor akan digelar pada Rabu besuk yang bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1445. Untuk mengawalinya, akan ada sujud syukur di Masjid Jami Gontor dan juga di seluruh kampus putra.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Sejak kesyukuran 50 tahun Gontor, acara peringatan dan kesyukuran Gontor selalu diawali dengan sujud syukur,” kata dia dalam keterangan yang diterima Solopos.com, Senin (25/9/2023).

Hamid menuturkan rangkaian kegiatan 100 tahun Pondok Gontor berfokus pada menghasilkan karya monumental yang dapat diwariskan pada generasi mendatang.

“Setiap aspek kegiatan kami desain untuk melahirkan legacy bagi 100 tahun kedua Gontor,” kata dia.

Humas Pondok Gontor, Riza Ashari, mengatakan peringatan puncak 100 tahun Pondok Gontor akan dirayakan pada 2026 mendatang.

“Adapun secara hitungan Masehi, 100 tahun Gontor akan jatuh pada 2026,” kata dia.

Riza menyampaikan acara sujud syukur akan dimulai pukul 08.30 WIB dengan diawali sambutan dari pimpinan Pondok Gontor dan beberapa tokoh masyarakat dan dilanjutkan salat Zuhur berjemaah serta sujud syukur. Kegiatan suduj syukur ini akan diikuti 30.604 santri dari seluruh kampus, 1.015 tamu undangan, dan juga 483 pondok alumni.

Tamu undangan yang dijadwalkan hadir dalam  sujud syukur ini antara lain K.H. Anwar Iskandar, Wakil Rais ‘Aam PBNU & Ketum MUI; K.H. Anwar Abbas, Ketua PP Muhammadiyah Bidang UMKM, Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan Hidup & Waketum MUI; Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR RI; Emil Dardak, Wakil Gubernur Jatim; serta Abdul Aziz Sidqi, Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Qur’an (LPMQ).

Di kampus Gontor Putri, sujud syukur akan dilaksanakan esok harinya pada Kamis (28/9/2023) dan dijadwalkan dihadiri Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim.

Pada Senin (25/9/2023), Jamiyyatul Huffazh Gontor melaksanakan simaan Alquran 30 juz di Masjid Jami Gontor hingga Selasa siang dan dilanjutkan dengan khataman yang diikuti seluruh santri sebagai bentuk rasa syukur atas usia 100 tahun Pondok Gontor.

Selain itu, rangkaian kegiatan sujud syukur juga akan ada seremoni awal penulisan mushaf Gontor ustaz Muhammad Nur dengan simbois penulisan lafaz Bismillah oleh Sheikh Belaid Hamidi. Ditargetkan penulisan mushaf ini bakal rampung sebelum puncak peringatan 100 tahun Pondok Gontor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya