SOLOPOS.COM - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau Staidon Gelora Bung Tomo. (Istimewa/surabaya.go.id)

Solopos.com, SURABAYA — Kota Surabaya siap menyambut peserta Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Sebanyak tujuh unit kamera CCTV 360 derajat juga dipasang di stadion tersebut.

Kepala Bidang Keamanan dan Infrastruktur Teknologi Informasi Diskominfo Surabaya, Tri Aji Nugroho, mengatakan Satdion GBT sudah memiliki sistem mandiri pemantauan keamanan dengan menggunakan CCTV beserta ruang kontrolnya. Sistem mandiri pemantauan keamanan itu sudah lama terpasang di GBT.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Bahkan, Pemkot Surabaya telah memasang sebanyak 123 CCTV di berbagai penjuru stadion.

“Sebagai upaya Pemkot Suarabaya untuk lebih meningkatkan pemantauan keamanan di lingkungan stadion, terutama di dalam lapangan, maka Pemkot Surabaya memasang 7 CCTV baru untuk melakukan pemantauan tribun dan FoP [Field of Play] dengan kamera yang bisa berputar 360 derajat yang dipasang di atap tribun GBT,” kata Aji, Jumat (3/11/2023).

Dia menyampaikan CCTV tribun GBT ini adalah bagian penting dari sistem CCTV yang ada di Stadion GBT. Dia berharap CCTV ini dapat membantu seluruh panitia pelaksana pertandingan Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Kamera CCTV ini untuk memantau dan merekam seluruh peristiwa yang terjadi saat pertandingan, terutama untuk keamanan penonton.

“Tujuh unit kamera yang bisa berputar 360 derajat ini, maka ini bisa menkaver dan merekam seluruh area dalam stadion. Sehingga panitia bisa segera melakuakn tindakan, seperti kejadian adanya penonton pingsan dan sebagainya,” kata dia yang dikutip dari surabaya.go.id.

Aji menuturkan semua kamera CCTV itu akan dimonitor oleh petugas melalui ruang kontrol. Di dalam ruang kontrol itu sudah ada monitor besar yang menayangkan hasil sorotan dari semua CCTV.

Untuk ruang kontronya, kata dia, saat ini dipindah yang awalnya berada di lantai dua kini dipindah ke lantai tujuh. Hal ini sesuai dengan permintaan FIFA.

“Jadi, sekarang sudah lebih representatif dan sudah siap monitor dan merekam setiap gerak-gerik para penonton yang masuk ke GBT,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya