SOLOPOS.COM - Petugas menghitung hasil pemungutan suara ulang untuk surat suara Pilpres 2024 di TPS 017 Kelurahan Sumbergedong, Trenggalek, Jatim, Rabu (21/2/2024). (ANTARA/Destyan)

Solopos.com, TRENGGALEK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan pemugutan suara ulang (PSU) di TPS 017, Kelurahan Sumbergedong, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Rabu (21/2/2024). Hasilnya, pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak.

Pada PSU di TPS 017 itu, paslon Prabowo-Gibran mendapatkan 148 suara, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. meraih 21 suara, dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 16 suara.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hasil itu diketahui setelah kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) menyelesaikan perhitungan atau rekapitulasi surat suara Pilpres 2024 di TPS 017 sekitar pukul 15.30 WIB.

“Untuk hasil coblosan berubah dari pemungutan suara pada tanggal 14 Februari. Partisipasi pemilih turun, otomatis hasil coblosan juga turun,” kata Ketua KPPS 017 Kelurahan Sumbergedong Budi Santoso yang dikutip dari Antara.

Dia menuturkan penurunan pemilih terjadi merata dialami ketiga paslon capres-cawapres seiring berkurangnya partisipasi pemilih di PSU yang diselenggarakan di TPS 017.

Pada pemungutan suara 14 Februari lalu, paslon Anies-Muhaimin meraih 30 suara, sedangkan pada PSU kali ini hanya mendapatkan 16 suara. Pasangan Prabowo-Gibran juga turun, dari sebelumnya mendapatkan 172 suara, pada PSU ini mendapatkan 148 suara. Sementara untuk paslon Ganjar-Mahfud semula mendapatkan 42 suara, tetapi pada PSU ini hanya mendapatkan 21 suara.

Total DPT di TPS 017 tercatat 286 orang, sementara yang hadir dan menggunakan hak suara pada PSU ini sebanyak 186 orang (65 persen). Turun dibanding kehadiran pemilih pada coblosan 14 Februari yang saat itu mencapai 249 orang atau 87 persen.

Sesuai dengan ketentuan, kata anggota KPU Kabupaten Trenggalek Imam Nur Hadi, hasil rekapitulasi suara PSU ini untuk rekap perhitungan suara di tingkat PPS.

“Rekap suara sebelumnya jenis surat suara yang sama. Dengan demikian, tidak digunakan lagi,” ujarnya.

Dijelaskan pula bahwa TPS 017 Kelurahan Sumbergedong adalah satu dari tiga TPS di Trenggalek yang digelar pemungutan suara ulang.

Berbeda dengan TPS 017 Kelurahan Sumbergedong yang digelar PSU khusus untuk surat suara pilpres, dua TPS lain (TPS 012 Kelurahan Kelutan dan TPS 06 Desa Sukosari) gelaran PSU untuk pemilu anggota legislatif.

TPS 012 Kelurahan Kelutan digelar PSU untuk surat suara DPRD kabupaten, DPRD Provinsi Jatim dan DPR RI, sedangkan di TPS 06 Desa Sukosari PSU hanya untuk jenis surat suara DPRD kabupaten.

Peserta Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya