SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran saat berupaya memadamkan api yang membakar kandang milik Winarti di Desa Bulu, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan Jawa Timur, Kamis (23/5/2024).(Istimewa/Damkar Magetan)

Solopos.com, MAGETAN – Seorang warga yang merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sengaja membakar kandang ternak yang berisi sapi dan ayam milik tetangganya sendiri di Desa Bulu, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Beruntung, tiga ekor sapi yang ada di dalam kandang berhasil diselamatkan.

Pemilik kandang ternak yang dibakar oleh tetangganya yang ODGJ itu bernama Winarti, 50, warga Desa Bulu. Tanpa ada permasalahan sebelumnya, tiba-tiba kandang ternaknya dibakar pelaku pada Kamis (23/5/2024).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Wanita paruh baya yang akrab disapa Narti itu menceritakan, saat itu dirinya sedang istirahat di dalam rumah. Tiba-tiba terdengar suara teriakan Murdani tetangganya yang mengidap ODGJ seusai membakar kandang miliknya.

Mengetahui kadang miliknya dibakar, Narti lantas mencari pertolongan kepada pekerja proyek yang saat itu tengah bekerja tak jauh dari lokasi kebakaran untuk menyelamatkan sapi-sapi miliknya.

“Iya mas, kandang saya dibakar oleh orang gila. rumahnya situ tidak jauh dari sini. Saya panik pikiran saya gimana cara menyelamatkan sapi saya itu,” katanya saat ditemui dirumahnya Jumat (24/5/2024).

Warga lain yang mengetahui kejadian itu langsung berupaya untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Namun nahas, api cepat membesar lantaran bangunan terbuat dari material yang mudah terbakar.

“Awalnya gimana gak tau mas, tiba-tiba apinya sudah gede. Banyak warga yang ikut mematikan menggunakan ember, pokoknya seadanya yang bisa untuk wadah air.  Pemadam juga langsung datang,” tambahnya.

Narti mengaku, meski empat sapinya bisa diselamatkan, namun ada beberapa ayam yang mati terpanggang. Selain itu ia juga merugi lantaran awal pembangunan kandang itu dia mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

“Ada ayam yang mati terpanggang, soalnya banyak ayam yang tengah bertelur dan mengerami telurnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sumino tetangga korban menuturkan, pada saat kejadian pembakaran itu dirinya bersama warga lainnya berusaha untuk membantu memadamkan api. Dirinya juga memastikan kandang itu dibakar oleh Murdani. Saat kejadian motor milik Murdani juga ikut terbakar.

“Benar mas, kemarin kandang itu [sembari menunjuk puing-puing bekas kebaran] dibakar oleh orang gila. Motornya juga ikut terbakar,” katanya kepada Solopos.com, Jumat.

Setelah itu, warga langsung mengamankan Murdani. Pada saat itu Murdani juga tidak berusaha kabur, dia malah teriak-teriak kegirangan usai membakar kandang milik Winarti itu.

“Tidak kabur, tapi langsung diamankan warga. Takutnya kalau berbuat ulah lagi mas,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya