SOLOPOS.COM - Situasi penumpukan penumpang yang sedang menunggu bus di ruang tunggu Terminal Kertonegoro Ngawi, Sabtu (30/12/2023). (Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, NGAWI — Menjelang malam perayaan Tahun Baru 2024, jumlah penumpang bus di Terminal Kertonegoro Ngawi, Jawa Timur, mengalami kenaikan hingga 84,6 persen dibanding hari biasanya. Membeludaknya pergerakan penumpang ini diprediksi akan terjadi setidaknya hingga 2 Januari 2024 mendatang.

Pada momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 dalam sepekan terakhir tercatat sebanyak 6.533 penumpang telah diberangkatkan dari Terminal Kertonegoro Ngawi. Jumlah tersebut meningkat 84,6 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Selain itu, jumlah bus yang hilir mudik di Terminal Kertonegoro Ngawi juga mengalami peningkatan sebesar 28,7 persen dibanding hari biasanya. Pada hari-hari normal jumlah bus yang keluar masuk di Terminal Kertonegoro hanya berkisar diangka 700 bus. Sementara pada momen Nataru 2024 ini mencapai 901 bus setiap harinya.

Kepala UPT Terminal Kertonegoro Ngawi, Ali Imron Hariyadi, mengatakan kenaikan jumlah penumpang yang melakukan perjalanan saat libur Nataru 2024 melalui Terminal Bus Kertonegoro Ngawi diprediksi membeludak hingga 2 Januari 2024. Kemungkinan tersebut berdasar pada laporan sejumlah agen perjalanan di Terminal Kertonegoro yang menyatakan tiket perjalanan kebanyakan sudah habis terpesan setidaknya sampai 2 Januari 2024.

“Berdasarkan dari laporan sejumlah agen bus yang ada di Terminal Kertonegoro Ngawi, kenaikan jumlah penumpang akan bertahan hingga 2 Januari 2024 mendatang,” katanya kepada Solopos.com, Sabtu (30/12/2023).

Ali menambahkan daerah tujuan serta kedatangan para penumpang yang paling banyak berasal dari Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan libur Nataru 2024 ini untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan kerabat serta keluarganya.

“Penumpang terbanyak didominasi dari kota-kota besar utamanya dari Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta,” ujarnya.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para penumpang, Ali mengimbau kepada para penumpang untuk naik dan turun di dalam Terminal Kertonegoro. Selain untuk menjamin keselamatan dan keamanan juga untuk menjamin kepastian hukum jika terjadi sesuatu kepada para penumpang bus.

“Untuk penumpang naik dan turun lah di dalam Terminal Kertonegoro Ngawi. Petugas kami siap melayani 24 Jam dengan aman dan nyaman. Dan juga ada jaminan hukum jika berada di lingkungan terminal,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya