SOLOPOS.COM - Kapolres Ngawi saat memusnahkan sebanyak 176 knalpot brong dan 1.700 botol miras berbagai merek menjelang perayaan malam Tahun Baru 2024 di Mapolres Ngawi, Jumat (29/12/2023). (Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, NGAWI – Polres Ngawi memusnahkan sebanyak 176 knalpot brong dan 1.700 botol minuman keras (miras) berbagai merek menjelang perayaan malam Tahun Baru 2024 di Mapolres Ngawi, Jumat (29/12/2023).

Sejumlah barang bukti knalpot brong dan miras yang dimusnahkan itu hasil operasi cipta kondisi yang dilakukan Polres Ngawi menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Puluhan knalpot brong dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin gerinda. Sementara minuman keras berbagai jenis tersebut dimusnahkan dengan cara dituang isinya.

Kapolres Ngawi, AKBP Argowiyono, mengungkapkan ribuan liter miras beserta ratusan knalpot brong tersebut merupakan hasil dari operasi kegiatan rutinan yang ditingkatkan selama beberapa bulan terakhir. Menurut Kapolres Ngawi, minuman keras tersebut diduga akan dikonsumsi saat pesta perayaan tahun baru.

“Kemungkinan akan digunakan untuk pesta tahun baru. Barang bukti minuman keras ini kami dapatkan dari tempat-tempat hiburan, tempat nongkrong dan minuman itu ilegal semua,” kata AKBP Argowiyono.

Pemusnahan barang bukti miras serta knalpot brong dapat mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarkat saat perayaan Tahun Baru 2024. Pihaknya berharap pemusnahan ini dapat memberikan efek jera kepada para pembeli dan penjual miras.

Sementara pemusnahan knalpot brong dengan dirusak bertujuan agar tidak ada lagi pemakaian knalpot dengan suara bising yang meresahkan masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga suasana aman selama natal dan tahun baru, serta mewujudkan situasi kantibmas yang nyaman dan damai di wilayah Kabupaten Ngawi,” ujarnya.

Argowiyono menyampaikan dalam pengamanan malam Tahun Baru 2024 telah disiapkan 5 pos pengamananan untuk menjaga kenyamanan saat libur Nataru 2024. Pos tersebut akan disiagakan selama 24 jam untuk menampung aduan dan laporan dari masayarakat selama natal dan tahun baru.

“Kelima pos pantau tersebar Monumen Suryo Jalan Raya Ngawi Solo, Pos Pantau alun-alun, Pos pantau rest area tol Km575A dan 575B serta di Depan Pasar Jogorogo,” jelasnya.

AKBP Argo juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan memastikan keamanan rumah dan lapor ke RT jika meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Masyarakat juga diimbau bisa merayakan malam pergantian tahun dengan tertib.

“Kami imbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain, termasuk main petasan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya