SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ngawi, Wiwien Purwaningsih saat ditemui di kantornya, Jumat (15/12/2023).(Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, NGAWI — Dinas Pariwista Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ngawi telah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata saat libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024.

Pasalnya, pada libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 ini sejumlah tempat wisata di Kabupaten Ngawi diperkirakanakan mengalami kenaikan pengunjung. Hal itu dikarenakan persebaran virus Covid-19 mereda dan sudah tidak diberlakukannya social distancing. Ditambah saat ini Pemerintah Kabupaten Ngawi juga lebih serius untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Ngawi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ngawi, Wiwien Purwaningsih, mengatakan untuk meminimalaisir hal-hal yang tidak diinginkan selama libur Nataru mendatang, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono telah bersurat kepada para camat dan pengelola pariwisata mengenai imbauan menjelang Nataru.

“Imbauannya termasuk antisipasi cuaca ektrem, ketertiban pengunjung, dan pembatasan pengunjung apabila ditemukan kasus Covid-19 di Kabupaten Ngawi,”katanya, Jumat (15/12/2023)

Selain itu, Disparpora juga meminta kepada pengelola wisata untuk merapikan dahan-dahan pohon yang dinilai berpotensi membahayakan pengunjung. Pihak keamanan dari TNI-Polri juga diharapkan aktif agar wisatawan yang berkunjung ke Ngawi merasa aman dan nyaman.

“Kami juga telah meminta kepada pegelola wisata untuk merapikan dahan pohon yang berpotensi membahayakan pengunjung, apalagi musim penghujan tentunya potensi dahan patah dan pohon tumbang jadi semakin besar,” imbuhnya.

Wiwien memperkirakan tempat-tempat wisata di Ngawi yang bakal menjadi daya tarik wisatawan pada libur Nataru, yakni Wisata Tawun, Benteng Pendem, Ngawi, Srambang Park, dan Kebun Teh Jamus. Diharapkan tempat-tempat tersebut segera berbenah dan bersiap untuk menyambut wisatawan yang hadir di Kota Ramah.

“Tentu yang paling familiar dan skalanya nasional adalah Srambang Park, maka diperkirakan pada libur Nataru nanti pengunjungnya mengalami peningkatan,”tandasnya.

Untuk itu, Wiwien berharap ketika ada peningkatan pengunjung pengelola wisata dapat mengatur dan dapat menyambut wisatawan dengan ramah. Selain itu wisatawan pun diimbau untuk tertib saat berwisata di Kabupaten Ngawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya