SOLOPOS.COM - Tampilan kursi di Kereta Majapahit New Generation. (Istimewa/PT Inka)

Solopos.com, MADIUN – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini memiliki rangkaian kereta baru dengan fasilitas yang lebih nyaman, yakni Kereta Majapahit New Generation relasi Stasiun Pasar Senen-Malang (pulang-pergi). Kereta generasi terbaru ini telah resmi dioperasikan pada Senin (25/3/2024).

Stamformasi atau susunan rangkaian kereta ini menggunakan kereta jenis K3 (Ekonomi) dengan carbody Stainless Steel yang terdiri dari delapan kereta kelas ekonomi, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan PT Industri Kereta Api (Inka), Agung Dwi Cahyono, mengatakan peningkatan kereta pada kelas ekonomi ini menjadi sinergi yang baik antara PT KAI dengan PT Inka.

Agung menuturkan peningkatan fasilitas pada kelas ekonomi ini dirasa snagat signifikan dari generasi sebelumnya, terutama pada bagian kursi. Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 kursi dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan.

Sedangkan kapasitas kereta ekonomi new generation saat ini menjadi 72 kursi. Kondisi ini membuat jarak antar kursi menjadi lebih leluasa dengan formasi 2-2. Kursi juga bida disesuaikan kemiringan kursinya atau reclining dan diputar menyesuaikan dengan arah laju keret atau revolving.

“Keunggulan lain dari Kereta Ekonomi New Generation ini sudah dilengkapi pintu elektrik otomatis, baik pada pintu masuk penumpang maupun pintu antar-kereta/bordes,” jelas Agung, Selasa (26/3/2024).

Dia menjelaskan gangway pada kereta menggunakan corrugated bellow yang mampu meredam noise lebih baik dari penggunaan rubber bellow pada kereta ekonomi sebelumnya.

Rangkaian kereta ini juga sudah dilengkapi fasilitas tempat salat dan wudu, sehingga penumpang dapat lebih nyaman dalam menjalankan ibadah salat selama dalam perjalanan.

Lebih lanjut, Agung menyampaikan setiap kereta sudah disematkan Passenger Information Display System (PIDS) untuk memberikan informasi dalam perjalanan. Selain itu kereta juga dilengkapi CCTV sehingga dapat menambahkan rasa maan kepada penumpang. Fasilitas dua toilet yang terpisah antara laki-laki dengan perempuan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan.

“Pada Kereta Ekonomi New Generation ini bukan hanya kereta penumpang yang diperbarui. Kereta makan juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior bercorak batik yang premium dengan aksen kayu dengan pencahayaan yang lebih elegan, sehingga penumpang akan lebih nyaman dan merasakan kesan yang berbeda meskipun pada kereta kelas ekonomi,” tambah Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya