SOLOPOS.COM - Masjid Gontor di Kompleks Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Solopos.com, PONOROGOPondok Pesantren (Ponpes) Gontor menjadi salah satu ponpes terbesar dan terbaik di Jawa Timur. Ponpes Gontor telah menelurkan segudang tokoh nasional.

Dikutip dari jatimprov.go.id pada Jumat (10/11/2023), Pondok Modern Gontor merupakan pondok pesantren terbesar di Indonesia. Podok Pesantren Gontor berdiri pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pondok ini didirikan oleh tiga bersaudara putra KH Santoso Anom Besari, yaitu KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie, dan KH Imam Zarkasy. Mereka kemudian dikenal dengan istilah Trimurti.

Pondok Pesantren Gontor merupakan pelopor dan inovator pesantren modern, yang dulunya bernama Ponpes Darussalam Gontor. Ponpes Gontor dikenal memiliki program pendidikan yang berkualitas.

Dikutip dari id.wikipedia.org, menurut laman resminya, pondok pesantren ini mengeklaim sebagai lembaga pendidikan murni yang tidak berafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi kemasyarakatan apapun.

Mengingat tingginya minat masyarakat untuk memasukkan anaknya di Gontor dan keterbatasan fasilitas yang tersedia di Kampus Pondok Modern Darussalam Gontor serta untuk memberikan bekal yang lebih baik kepada para calon santri yang ingin masuk di Pondok Modern Darussalam Gontor, akhirnya dibuka cabang-cabang Gontor di beberapa tempat.

Demikian tadi, informasi singkat terkait Gontor yang menjadi salah satu Ponpes terbesar di Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya