SOLOPOS.COM - Arkeolog melakukan eskavasi situs Gondang di Kecamatan Tugu, Trenggalek (ANTARA/HO - BPK Wil XI Jatim)

Solopos.com, TRENGGALEK — Tiga buah arca relief dan dua buah hiasan atap bangunan kuno ditemukan oleh tim arkeologi dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Jawa Timur di Situs Gondang, Kabupaten Trenggalek.

Ketua Tim Ekskavasi dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Jatim, Muhammad Ichwan, mengatakan temuan tersebut merupakan hasil ekskavasi yang telah dilakukan sejak 17 November 2023.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ini temuan baru dan semoga ada lebih banyak lagi yang bisa kami dapat dalam ekskavasi ini,” kata dia, Kamis (23/11/2023).

Ichwan menuturkan tiga arca yang ditemukan secara umum dalam kondisi utuh. Hanya ada satu arca yang terbelah, tetapi sudah disambung.

Dia menyebut total yang sudah ditemukan dalam proyek ekskavasi pertama dan kedua di Situs Gondang ini sebanyak 15 arca.

“Ukurannya rata-rata sama tingginya 33-38 centimeter dan mayoritas utuh,” lanjut Ichwan yang dikutip dari Antara.

Selain menemukan beberapa arca dan hiasan atap bangunan kuno yang diyakini dibuat pada zaman kerajaan Mataram, tim BPK Wilayah XI Jatim juga menargetkan bisa menemukan struktur bangunan candi.

“Targetnya mendapatkan sudut barat daya dari struktur bangunan candi untuk melengkapi tiga sudut struktur bangunan lain yang sudah ditemukan sebelumnya,” katanya.

Dari denah, struktur, dan dimensi, luasan bangunan kuno di Situs Gondang diproyeksi memiliki ukuran 5,8 x 5,8 meter.

Tim ekskavasi BPK saat ini mencoba mencari kemungkinan adanya bangunan lain di sekitar struktur utama yang diyakini berupa candi perwara dengan menggali tanah di sisi barat candi tersebut.

“Kami mencoba membuka satu kotak di sebelah barat area pondasi struktur ini, pada kedalaman 150 cm ada batu bata kuno yang cukup rapat dan balok batu putih. Kami masih mencari dengan memperdalam lagi mudah-mudahan ada,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya