SOLOPOS.COM - Lokasi proyek pembangunan Jalan Randublatung – Getas batas Ngawi dengan anggaran Inpres Jalan dari Kementerian PUPR mulai dilakukan. (Istimewa)

Solopos.com, NGAWI — Pemerintah pusat membangun jalan tembus antara Kabupaten Blora-Kabupaten Ngawi. Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan dan Inpres senilai Rp53,7 miliar untuk pembangunan jalan tersebut.

Dengan dibukanya akses jalan Randublatung-Getas tersebut akan mempermudah mobilitas warga Blora untuk menuju Kabupaten Ngawi, begitu juga sebeliknya. Selain itu, masyarakat Blora juga akan lebih mudah untuk menuju ke jalan tol Trans Jawa via Exit Tol Ngawi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Jika pembangunan ruas jalan itu selesai nanti, untuk ke Tol Ngawi, tidak perlu berputar dari Blora-Cepu–Padangan–Ngraho-Ngawi. Namun, bisa langsung dari Blora–Randublatung–Getas–Ngawi.

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, mengatakan khusus Kabupaten Ngawi anggaran untuk pembangunan jalan tembus itu sebesar Rp20 miliar dengan panjang jalan 6 Kilometer.

“Randublatung diberikan Inpres infrastruktur dari Kementerian PUPR yang nantinya akan menyambung dari Randubelatung, Kabupaten Blora ke Getas, Kabupaten Ngawi. Untuk Kabupaten Ngawi anggaran sebesar Rp20 miliar,” kata Ony, Kamis (26/10/2023).

Ony menambahkan untuk pengerjaan jalan, termasuk lelang proyek sepenuhnya wewenang dari Kementerian PUPR. Nantinya jalan tersebut menjadi jalan utama penghubung ke Jawa Tengah selain jalan yang saat ini ada yakni Jalan Raya Ngawi-Solo.

“Nantinya status jalan tersebut menjadi jalan nasional, karena jadi jalan penghubung antar provinsi, pengerjaan sepenuhnya pada pemerintah pusat,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Ngawi juga sudah bertemu dengan Bupati Blora, Arief Rohman di Pendapa Wedya Graha, Ngawi pada Senin (23/10/2023). Dalam pertemuan tersebut membahas kerjasama dan diskusi kelanjutan kerjasama pembangunan daerah. Salah satunya adalah pembangunan jalan tembus Blora–Ngawi

Ony menyampaikan pihaknya siap untuk bersama-sama mengawal pembangunan jalan tembus Ngawi–Blora via jalur hutan Banjarejo–Getas.

“Kami berharap dengan adanya pembangunan jalan yang selama ini dikeluhkan masyarakat, nantinya aksesibilitas warga Ngawi ke Blora maupun Blora ke Ngawi akan semakin baik, semakin mudah. Dan geliat ekonomi masyarakat semakin tumbuh,” ucapnya.

Saat ini pembangun proses pembangunan jalan tersebut sampai pada tahap perataan. Sejumlah alat berat juga sudah terlihat di lokasi untuk mengerjakan pekerjaan proyek tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya