SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi bangkai bus pariwisata PO Pratama Putra yang mengangkut rombongan siswa dan guru SMAN 1 Sidoarjo yang mengalami Tol Ngawi-Solo, masuk Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024). ANTARA/Louis Rika

Solopos.com, SIDOARJO — Dua orang meninggal dunia dalam peristiwa tragis kecelakaan bus pariwisata yang membawa rombongan study tour SMAN 1 Sidoarjo di tol Ngawi-Solo KM 577, Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024). Satu orang yang meninggal merupakan siswa sekolah tersebut bernama Nabil Azfa Putra Diyah Cipta.

Jenazah Nabil dimakamkan di pemakaman Pucang, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo. Kepergian Nabil tentu membuat teman-teman dan para guru sekolah tersebut bersedih. Pemakaman siswa kelas XII 4 SMAN 1 Sidoarjo itu pun diantarkan teman-temannya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Nabil itu teman sekelas saya waktu kelas X, tapi kelas XI dan XII, kami sudah enggak sekelas,” kata rekan Nabil, Ilham Ramadhani, Jumat (19/1/2024).

Ilham menceritakan, meski sudah tak lagi sekelas mereka masih sangat dekat dan sering bermain game bersama.

“Biasanya dia WA, ayo push rank. Dia ngajak main game mobile legend,” kata Ilham.

Dari cerita Ilham diketahui, almarhum Nabil adalah siswa yang aktif di sekolah dan dikenal oleh hampir semua siswa di sekolahnya.

“Nabil dulunya pengurus OSIS. Dia juga suka olahraga badminton,” ujarnya yang dikutip dari Antara.

Cita-citanya, lanjut Ilham, setelah lulus SMA nanti, Nabil akan mendaftar ke Akademi Kepolisian dan sudah mempersiapkan diri untuk tes.

“Dia sudah siap banget. Sering latihan fisik. Badannya juga bagus. Cocok memang untuk masuk Akpol,” tuturnya.

Pada hari ini, seluruh siswa di SMAN I Sidoarjo diliburkan dalam rangka suasana duka akibat peristiwa kecelakaan maut tersebut.

Sebelumnya, bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa dan guru dari SMAN 1 Sidoarjo itu mengalami kecelakaan di ruas jalan Tol Ngawi-Solo, Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi yang mengakibatkan korban meninggal dunia dan sejumlah lainnya luka-luka.

Kasat PJR Polda Jatim AKBP Alex Sandy Siregar mengatakan kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB yang melibatkan bus pariwisata rombongan dari SMAN 1 Sidoarjo berpelat nomor W 7473 UP dengan truk berpelat nomor L 8216 GE. Bus itu terguling keluar dari jalan tol setelah menghindari truk di depannya yang mengalami pecah ban.

Korban luka dievakuasi ke dua rumah sakit, yakni RS Atin Husada dan RS Widodo Ngawi yang terdekat dengan lokasi kecelakaan, sementara korban meninggal dibawa ke RSUD dr Soeroto Ngawi.

Sesuai hasil olah TKP sementara, kecelakaan itu berawal saat bus yang dalam perjalanan pulang dari Yogyakarta, melaju dari arah Ngawi menuju Surabaya.

Nahas, di lokasi kejadian di depan bus ada truk yang mengalami pecah ban dan oleng ke kanan. Pada saat bersamaan dari belakang melaju bus yang akan mendahului truk, dan sopir bus tidak bisa menghindari truk yang oleng ke arahnya. Akibat tabrakan tersebut, bus itu terguling dan keluar dari jalur tol. Proses evakuasi cukup sulit karena selain kondisi gelap, juga badan bus yang terguling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya