SOLOPOS.COM - Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, menerima penghargaan Bhumandala Award 2023 dari Badan Informasi Geospasial di Badung, Bali, Senin (6/11/2023). (Istimewa/Pemkab Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menerima dua penghargaan tingkat nasional pada awal November 2023. Dua penghargaan yang diraih Pemkab Madiun yaitu Bhumandala Award dan Konstruksi Indonesia.

Pemkab Madiun melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan sebagai peringkat I organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi Sub Urusan Jasa Konstruksi Tingkat Kabupaten terbaik dari Kementerian PUPR pada Malam Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023 di Jakarta International Expo, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, menerima penghargaan tingkat nasional tersebut dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Tontro mengatakan penghargaan yang abru saja diterima itu berkat kerja keras dari OPD terkait dan masyarakat Kabupaten Madiun. Untuk itu, ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga Dinas PUPR Madiun mendapatkan penghargaan ini.

Malam Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023 itu diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat jasa konstruksi atas kontribusinya dalam penyelenggaraan jasa konstruksi nasional. Penghargaan yang diberikan terdiri dari lima kategori, yaitu Kategori Pembinaan Penyelenggaraan Jasa Konstriksi kepada tiga OPD tingkat provinsi dan tiga OPD tingkat kabupaten, Kategori Implementasi Building Information Modelling (BIM) kepada tiga penyedia jasa konstruksi.

prestasi pemkab madiun
Pemkab Madiun melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan sebagai peringkat I organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi Sub Urusan Jasa Konstruksi Tingkat Kabupaten terbaik dari Kementerian PUPR pada Malam Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023 di Jakarta International Expo, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023). (Istimewa/Pemkab Madiun)

“Sangat membanggakan bagi kita semua, Konstruksi Indonesia 2023 telah dikunjungi lebih dari 29.000 pengunjung dari lebih dari 400 asosiasi jasa konstruksi. Ini menunjukkan gairah konstruksi di Indonesia, dan saya yakin ke depan jasa konstruksi akan terus maju dan berkembang,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Penghargaan Geospasial

Selain itu, pada Senin (6/11/2023), Pemkab Madiun meraih penghargaan Bhumandala Award 2023 sebagai terbaik 1 tingkat nasional kategori Informasi Geospasial Batas Desa atau Kelurahan dari Badan Informasi Geospasial (BIG).

Penghargaan itu diterima Pj. Bupati Madiun Tronto Pahlawanto di gelaran Asia Pasific Geospatial Forum (APGF) dan Seminar Internasional on Geo-Innovation For a Safe and Sustainable World di Badung, Bali, Senin malam.

Tontro menyampaikan terima kasih atas penghargaan Bhumandala Award 2023 yang diberikan kepada Pemkab Madiun. Menurut dia, penghargaan tersebut menjadi pedoman pemerintah dalam menegakkan hukum batas wilayah di masing-masing desa.

“Alhamdulillah Kabupaten Madiun mendapatkan juara satu [tingkat nasional] dan pada kesempatan ini tentunya apresiasi ini adalah bagian dari penegasan administrasi kepada pemerintah desa/kelurahan dan juga sebagai pedoman dalam menagakkan hukum di masing-masing desa/kelurahan,” kata Tontro.

Dia menyampaikan dalam sepekan terakhir, Pemkab Madiun menerima dua penghargaan tingkat nasional sekaligus. Bahkan menjadi yang terbaik di masing-masing penghargaan, yaitu penghargaan Bhumandala Award 2023 kategori informasi geospasial batas desa atau keluaran dan sebagai peringkat I OPD yang membidangi Sub Urusan Jasa Konstruksi Tingkat Kabupaten dari Kementerian PUPR.

Dalam informasi geospial ini memungkinkan untuk membantu pencegahan konflik tata ruang, perencanaan RTRW, dan rencana perkembangan wilayah yang lebih valid. Selain itu, dengan memiliki informasi geospasial ini nantinya dapat mempermudah pelayanan Pemkab Madiun karena mengacu dengan peta yang sama.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan informasi geospasial merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung pemetaan wilayah di Indonesia. Utamanya, harus dipahami oleh para pemangku kebijakan dalam perencanaan pembangunan wilayah.

“Informasi geospasial ini penting untuk dipahami oleh para pemangku kebijakan sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menjaga pengelolaan sumber daya dalam negeri, bahkan juga bisa berkontribusi untuk lingkup global,” tegasnya.

Penghargaan Bhumandala telah diselenggarakan oleh BIG sejak tahun 2014. Setiap tahun, BIG memberikan penghargaan ini kepada pemerintah daerah yang mampu mengimplementasikan dan memanfaatkan informasi geospasial dengan baik dalam kebijakan dan program-program mereka.

Adapun penghargaan Bhumandala Tahun 2023 dibagi menjadi 3 kategori yaitu Kategori Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial, Kategori Nama Rupabumi, dan Kategori Informasi Geospasial Batas Desa/Kelurahan. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya