SOLOPOS.COM - Menag Yaqut Cholil Qoumas (kanan) membuka orientasi PPPK Kemenag di Surabaya, Rabu (13/9/2023). (ANTARA/Didik Suhartono)

Solopos.com, SURABAYA — Sebanyak 29.012 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Kementerian Agama mengikuti orientasi. Kepada para pegawai tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan kerja PPPK adalah kerja pengabdian.

“Perbedaan PPPK dengan pegawai negeri sipil atau PNS adalah tidak mendapatkan uang pensiun. Karenanya kerja PPPK adalah pengabdian yang diharapkan dilaksanakan dengan penuh integritas,” katanya saat membuka Orientasi PPPK Kementerian Agama (Kemenag) di Surabaya, Rabu (13/9/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bagi Kemenag, tahun ini merupakan yang pertama memiliki aparatur sipil negara (ASN) berstatus PPPK.

Terdata, jumlah PPPK di Kemenag yang menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan tahun ini semula sebanyak 29.012 orang dari total yang telah dinyatakan lulus sebanyak 129.000 orang.

Kemudian Menag Yaqut memperjuangkan agar yang telah dinyatakan lulus lainnya mendapatkan SK pengangkatan. Dia menyampaikan pada tahun ini, Kemenag mendapat tambahan kuota SK pengangkatan bagi sebanyak 10.300 orang lainnya.

“Kami akan perjuangkan lagi. Ini kan kemarin dapat 29.000, kemudian setelah diperjuangkan ada penambahan 10.300 lagi. Jadi Alhamdulillah. Untuk tahun depan kami juga akan perjuangkan semaksimal mungkin. Karena kan teman-teman di PPPK ini juga butuh kepastian dari pengabdian mereka,” ujarnya yang dikutip dari Antara.

Gus Menteri, sapaan akrabnya, mengungkapkan PPPK yang telah menerima SK pengangkatan di Kemenag tidak semuanya berusia muda.

Banyak pula yang telah berusia 50-an tahun. Ada juga yang telah berusia 57 tahun, yang berarti beberapa bulan lagi pensiun.

Dalam kesempatan itu Gus Menteri memberi penguatan agar PPPK ketika pensiun nanti tidak perlu berkecil hati atau iri terhadap pensiunan PNS.

“Beda dengan PNS yang mendapat uang pensiun bulanan. Karena PPPK adalah kerja pengabdian. Kami berharap PPPK selama menjalankan tugas mengabdi dengan penuh integritas tinggi,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya