SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) mengenakan jaket relawan Projo disaksikan Ketua DPP Projo Budi Arie Setiadi (kanan) pada acara deklarasi dukungan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (14/10/2023). (Antara)

Solopos.com, SURABAYA — Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, berencana mendeklarasikan sosok bakal calon wakil presiden (bacawapres)-nya di Jakarta, Senin (23/10/2023).

Saat deklarasi, pihaknya akan mengundang Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo) dan Erick Thohir (Menteri BUMN). Sebelum itu, Prabowo akan menggelar rapat bareng ketua umum partai politik (parpol) koalisi KIM guna menentukan bacawapres pada Minggu (22/10/2023) sore ini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Insyaallah besok deklarasi. Di Jakarta, Ibu Kota Republik Indonesia,” kata Prabowo yang hadir mendampingi Presiden Joko Widodo di acara puncak Hari Santri di Surabaya, Jawa Timur, seperti dikutip dari Antara, Minggu (22/10/2023).

Pada kesempatan itu, Prabowo tidak menampik menguatnya nama putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi pendampingnya. Prabowo juga menyebut telah ada komunikasi dengan Presiden Jokowi terkait keinginan koalisinya untuk meminang Gibran sebagai bacawapres.

“Ya tentunya sebagai orang Indonesia yang adat budaya kita, tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita. Beliau bilang terserah Pak Wali [Gibran], kan sudah dewasa. Kalau Pak Wali bersedia, ya beliau pasti tidak menahan kira-kira begitu,” tuturnya.

Mengenai pinangannya direspons dengan positif atau negatif oleh Gibran, Prabowo meminta awak media untuk menyimpulkannya sendiri.

“Ya masa Anda enggak bisa memberi kesimpulan,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo buka suara terkait Gibran Rakabuming Raka selaku anaknya yang direkomendasikan Partai Golkar sebagai bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto. Sebagai orang tua, Jokowi menyatakan mendoakan dan merestui keputusan Gibran Rakabuming Raka.

“Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui keputusan [Gibran] semuanya. Karena sudah dewasa ya jangan terlalu mencampuri urusan,” kata Presiden Jokowi usai menjadi Pembina Upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu.

Di kesempatan tersebut, Jokowi meminta awak media untuk menanyakan langsung kepada koalisi partai politik pengusung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024 terkait kepastian Gibran akan berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2024

“Tanyakan ke partai politik, itu wilayahnya partai politik atau koalisi partai politik atau gabungan partai politik. Bukan urusan presiden,” ujarnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya