SOLOPOS.COM - Kafilah Kabupaten Lamongan di ajang MTQ ke-30 Jawa Timur. (Istimewa/lamongankab.go.id)

Solopos.com, LAMONGAN — Kafilah Kabupaten Lamongan sukses meraih juara umum dalam kompetisi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXX Jawa Timur. Para peraih medali emas dari Lamongan pun langsung diganjar hadiah berupa paket umrah.

Penyerahan piala juara umum MTQ Jatim 2023 dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kepada Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, di Kota Pasuruan, Minggu (8/10/2023) malam.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Lamongan, Moh. Nalikan, mengatakan Lamongan berhasil membawa pulang sembilan medali emas, dua medali perak, delapan medali perunggu, dua anak meraih harapan 1, satu anak meraih harapan 2, dan satu anak meraih harapan 3.

“Alhamdulillah pada kompetisi tahun ini Lamongan mampu mempertahankan prestasi di tahun lalu, yakni juara umum. Terimakasih kepada 53 kafilah yang sudah berjuang sungguh-sungguh dan tentunya sangat mmebanggakan Lamongan,” kata dia yang dikutip dari kominfo.jatimprov.go.id, Senin (9/10/2023).

Kabupaten Lamongan mendapakan skor 144 poin, sehingga dinyatakan sebagai juara umum dalam MTQ Jatim 2023.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuronur Efendi, mengatakan sembilan orang peserta yang berhasil meraih medali emas di ajang MTQ Jatim 2023 akan mendapatkan hadiah berupa perjalanan umrah. Kemenangan ini, bagi dia, merupakan sebagai upaya membumikan Al-Qur’an dan mengembalikan muruah Lamongan sebagai pusat para qiroah dan qiroati.

“Saya ungkapkan syukur sebanyak-banyaknya karena dua tahun berturut-turut Lamongan mampu meraih juara umum MTQ Jatim. Kafilah [Lamongan] sangat luar biasa karena mampu mengembalikan muruah Lamongan sebagai kota qiroah dan qiroati,” kata dia saat menyerahkan sembilan paket umrah kepada 9 peserta peraih medali emas dalam kegiatan penyambutan kafilah Kabupaten Lamongan di Pendapa Lokatantra, Senin.

Bukan hanya itu, kafilah dari Lamongan juga disambut dengan pawai penyambutan. Seluruh kafilah yang hadir dikirab dengan melalui rute Jalan Veteran, Jalan Kombespol M Duryato, Jalan Suwoko, Jalana Sumargo, Jalan Sunan Drajat, Jalan Ahmad Dahlan, dan di Pendapa Lokatantra.

Sedangkan untuk juara kedua dalam ajang MTQ Jatim 2023 adalah Sidoarjo, peringkat ketiga ada Gresik, posisi keemat Kota Pasuruan, peringkat kelima Kota Surabaya, keenam Kabupaten Jember, ketujuh Kabupaten Lumajang, kedelapan Kabupaten Tuban, kesembilan Kabupaten Pasuruan, dan kesepuluh Kota Batu dan Kabupaten Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya