SOLOPOS.COM - Closing Ceremony Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023 di Stadion Gajah Mada Mojosari Mojokerto, Sabtu (16/9/2023). (kominfo.jatimprov.go.id)

Solopos.com, MOJOKERTO — Gelaran pesta olahraga terbesar di Jawa Timur yakni Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII/2023 telah selesai digelar dan secara resmi ditutup pada Sabtu (16/9/2023) malam di Stadion Gajah Mada Mojosari, Mojokerto. Kota Surabaya menjadi juara umum dalam ajang tersebut.

Porprov Jatim VIII digelar di beberapa daerah, seperti di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang. Ajang olahraga dua tahunan itu digelar selama delapan hari, mulai tanggal 9 sampai 16 September 2023.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dalam ajang olahraga ini, Kota Surabaya kembali menjadu juara umum dengan perolehan poin 1.012, yang terdiri dari 163 medali emas, 125 medali perak, dan 110 medali perunggu. Di posisi kedua, Kabupaten Sidoarjo dengan total perolehan poin sebanyak 680 yang terdiri dari 97 medali emas, 90 medali perak, dan 112 medali perunggi. Sedangkan di posisi ketiga ditempati Kota Malang yang memperoleh 480 poin yang terdiri dari 74 medali emas, 52 medali perak, dan 80 medali perunggu.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyno, mengatakan Porprov Jatim VIII telah berlangsung dengan suksus. Ajang ini merupakan event penting dalam rangka menjaga prestasi dan memupuk kebersamaan, persatuan, dan sportivitas.

“Atlet-atlet kita telah memberikan yang terbaik, bukan hanya dalam usaha meraih medali, tetapi juga sportivitas dan persatuan. Prestasi mereka adalah cerminan dari semangat Majapahit yang besar yang pernah menghiasi sejarah Jawa Timur,” kata dia yang dikutip dari kominfo.jatimprov.go.id, Minggu (17/9/2023).

Adhy menyampaikan kemajuan dunia olahraga baik dari sisi peningkatan infrastruktur dan fasilitas, pembinaan atlet, dan prestasi yang diciptakan selama ajang Porprov berlangsung merupakan tanggung jawab bersama dan kerja keras semua pihak.

Ketua Umum KONI Jawa Timur, Muhammad Nabil, mengatakan Porprov Jatim VIII ini mencetak sejarah baru, yaitu ada 85 pecah rekor yang dilakukan atlet-atlet Jawa Timur.

“Saya atas nama KONI Jatim juga bangga karena prestasi di tiap-tiap cabor tidak hanya berkumpul di satu kabupaten/kota saja, tapi merata. Itu menandakan prestasi olahraga sudah menyebar di seluruh kabupaten/kota,” tutur Nabil.

Ketua Panitia Besar (PB) Porprov Jatim VIII/2023, Ali Affandi Mattality, menyampaikan ajang olahraga terbesar di Jatim ini diikuti sebanyak 13.008 atlet dan 4.720 official. Ini merupakan multi event terbesar di atas jumlah kontingen PON.

“Semua telah berpartisipasi dalam sebuah perjalanan yang mengesankan melalui berbagai cabang olahraga. Kita telah menyaksikan pertandingan yang menegangkan, kemenangan yang membanggakan, dan momen-momen yang tidak akan kita lupakan,” ungkapnya.

Sebagai tuan rumah Closing Ceremony Porprov Jatim VIII/2023, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawaty juga menyampaikan terima kasih. Ia menyebut perputaran uang minimal dari Kabupaten Mojokerto adalah sebesar Rp14 miliar karena adanya Porprov Jatim VIII/2023.

“Ini hal positif bagi kami masyarakat Kabupaten Mojokerto. Terima kasih atas kesempatan yang luar biasa untuk menjadi tuan rumah. Mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua tamu, atlet, official, wasit, dan lain-lain,” kata Ikfina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya