SOLOPOS.COM - Peternak sapi di kandang sapi milik Toha Maksum Anas di Desa Jagan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur saat menggecek kesehatan hewan kurban,Rabu (5/6/2024).(Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, MAGETAN – Jika Anda ingin mencari sapi untuk berkurban dengan ukuran jumbo, tidak ada salahnya jika mencoba untuk datang ke peternakan sapi milik Toha Maksum Anas di Desa Jagan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Di tempat ini tersedia sapi-sapi berukuran jumbo dengan bobot hingga 1,2 Ton.

Momen Iduladha 2024 ini mendatangkan berkah tersendiri untuk para peternak hewan kurban. Tak terkecuali Toha Maksum Anas peternak asal Kabupaten Magetan yang khusus menyediakan sapi dengan ukuran besar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Di peternakan sapi milik Toha, rata-rata berat hewan sapi miliknya berkisar antara 800 kwintal sampai dengan yang terberat mencapai 1,2 ton. Sapi-sapi tersebut berjenis limosin dan pegon.

“Untuk harganya bervariatif dari mulai Rp80 juta hingga yang terbesar berjenis pegon ini dijual Rp125 juta,” katanya Rabu (5/6/2024).

Toha mengatakan, untuk merawat sapi-sapi jumbo tersebut memerlukan perawatan ekstra. Mulai dari pemberian pola makan teratur, jamu, nutrisi, cek kesehatan, dan kebersihan kandang. Sebab, sapi jumbo berbeda dengan sapi lain.

“Kalau sudah membeli di sini untuk perawatan dan jasa kirim kami gratiskan sampai nanti hari H Lebaran kurban,” ujarnya.

Saat hari raya Iduladha seperti ini, penjualan sapi jumbo miliknya meningkat hingga 40%. Tak hanya dari Magetan, permintaan pengiriman  terbanyak datang dari luar kota.

“Kalau untuk pembelinya ini dari wilayah lokal juga ada, tapi paling banyak sih kalau untuk sapi-sapi di atas bobot 800 kg ke atas dari luar kota. Agak keteteran juga kita melayani permintaan sapi-sapi yang berukuran besar,” imbuhnya.

Selain menyediakan sapi berukuran jumbo, Toha juga melayani untuk permintaan sapi-sapi dengan ukuran normal. Terbanyak, berjenis brahman dan limosin.

“Yang normal juga ada, harganya dijual dengan harga standar atara Rp20juta hingga Rp35 juta. Biasanya untuk melayani yang lokal Magetan dan Ngawi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya