SOLOPOS.COM - Komisioner KPU Ponorogo Arwan Hamidi (ANTARA/HO - KPU Ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO — Sebanyak 520 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari berbagai partai politik masuk dalam daftar calon sementara (DCS) pada Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Ratusan bacaleg itu ditetapkan sebagai DCS setelah memenuhi syarat administrasi.

“Seluruh bacaleg yang dinyatakan MS atau memenuhi syarat sudah kami umumkan dalam daftar calon sementara,” kata Komisioner KPU Ponorogo Arwan Hamidi di Ponorogo, Senin (21/8/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sebelumnya, sebanyak 18 partai politik peserta Pemilu 2024 di Ponorogo telah mengajukan sebanyak 658 bacaleg ke KPU setempat.

Namun dari jumlah itu, kata dia, 138 bacaleg di antaranya tidak lolos DCS karena berbagai faktor, terutama masalah kelengkapan administrasi dan berikutnya berkait ketentuan kuota 30 persen bacaleg perempuan.

Selain itu, lanjut dia, ada salah satu partai di mana keseluruhan bacalegnya tidak melakukan perbaikan ketika proses verifikasi administrasi.

“Memang rata-rata tidak melengkapi dokumen administrasi sehingga dinyatakan tak memenuhi syarat [TMS],” urainya yang dikutip dari Antara.

Partai yang tidak melakukan proses perbaikan tersebut, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan jumlah bacalegnya sebanyak 45 orang.

Arwan menambahkan tahapan selanjutnya adalah masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS yang telah diumumkan mulai tanggal 19 hingga 28 Agustus 2023.

“Masyarakat bisa memberikan tanggapan dan masukan terhadap hasil DCS, nantinya setiap tanggapan akan kita lakukan verifikasi dan klarifikasi kepada bacaleg dan parpol,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya