SOLOPOS.COM - Tangkapan layar kebakaran pabrik tisu di Mojokerto, Kamis (12/10/2023). (ANTARA/HO-tangkapan layar)

Solopos.com, MOJOKERTO — Pabrik tisu PT Sun Paper Source (SPS) yang berlokasi di Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, mengalami kebakaran hebat pada Kamis (12/10/2023). Satu orang karyawan pabrik meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Kapolsek Ngoro, Kompol Imam Mahmudi, mengatakan satu orang meninggal dunia dalam kejadian kebakaran itu diduga mengalami sesak napas ketika membantu memadamkan api. Korban meninggal bernama Jon Rahman, karyawan bagian produksi pabrik tisu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Ada meninggal satu, karyawan produksi saat membantu pemadaman. Karena mungkin banyak menghirup asap, kekurangan oksigen, lalu pingsan,” katanya seperti diwartakan Antara.

Dia menuturkan lokasi kebakaran ini masuk Desa Sukoanyar, Kecamatan Ngoro yang berbatasan antara Kecamatan Pungging dengan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Imam menjelaskan korban diduga meninggal dalam perjalan ke RS Mawaddah Medika, Ngoro, Mojokerto. Selanjutnya jenazah korban dipindahkan ke RSUD Prof dr Soekandar, Mojosari untuk pemulasaran.

“Keluarga korban menolak jenazah diautopsi, keluarga meminta langsung dikirim ke Palembang tempat asalnya,” ucapnya.

Ia mengatakan, selain korban meninggal dunia dalam peristiwa tersebut juga membuat orang orang satpam mengalami luka di bagian tangan.

“Satpam pabrik kena pecahan kaca saat membantu memadamkan api. Hanya luka ringan,” katanya.

Pabrik tisu PT Sun Paper Source di Desa Sukoanyar, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur mengalami kebakaran hebat Kamis sekitar pukul 10.17 WIB.

Imam mengatakan masih belum jelas apa penyebab kebakaran yang menimpa pabrik tisu ini.

“Anggota kami sudah dari tadi ke tempat kejadian perkara [TKP] kebakaran,” ujarnya.

Dia mengatakan saat ini masih dilakukan penyelidikan terkait dengan penyebab kebakaran tersebut.

“Masih dilakukan penyelidikan,” ujarnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim, menjelaskan bahwa pihaknya sudah menerima laporan kebakaran di PT SPS dan pemadaman api masih berlangsung.

“PMK [Pemadam Kebakaran] yang sudah bergerak masing-masing sebanyak 4 dari BPBD Kabupaten Mojokerto dan 1 unit dari Dragon,” jelasnya.

Ia mengatakan total ada lima unit mobil PMK dari Kabupaten Mojokerto serta ada tambahan unit PMK dari Pasuruan dan Jombang.

“Tapi masih belum kami ketahui berapa unit,” tuturnya.

Khakim menyampaikan tim PMK BPBD Kabupaten Mojokerto masih terus melakukan pemadaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya