SOLOPOS.COM - Petugas gabungan Terminal dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ngawi menggelar Ramp Check atau uji kelayakan bus di Terminal Tipe A Kertonegoro Ngawi. (Istimewa/Doc Terminal Kertonegoro Ngawi)

Solopos.com, NGAWI – Petugas Kementerian Perhubungan menggelar operasi ramp check atau uji kelayakan bus di Terminal Tipe A Kertonegoro Ngawi, Jawa Timur, menjelang masa angkutan Lebaran 2024. Sebanyak tiga bus kena tilang akibat melanggar syarat administratif.

Kepala UPT Terminal Kertonegoro Ngawi, Ali Imron Hariyadi, mengatakan kegiatan tersebut bahkan sudah dilakukan jauh hari sebelum memasuki puncak arus mudik yakni pada 14 Maret 2024 lalu. Selain untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, kegiatan itu juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang yang memilih  menggunakan transportasi darat saat berpergian.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Sudah kita lakukan pengecekan uji kelayakan bus pada awal puasa lalu untuk semua bus yang melintas di Terminal Kertonegoro. Operasi itu instruksi langsung dari pusat, kami lakukan menyeluruh termasuk bus pariwisata,” katanya kepada Solopos.com melalui pesan singkatnya, Senin (25/3/2024).

Obyek pemeriksaan itu meliputi, pengecekan sistem alat kemudi, sistem penerangan, fasilitas tanggap darurat, perlengkapan kendaraan bermotor, badan kendaraan, beserta komponen pendukung hingga kelengkapan syarat pengemudi. Jika semua komponen pemeriksaan terpenuhi, maka kendaraan dinyatakan lulus kelayakan dan mendapatkan stiker kelayakan dari Dishub.

Ali Imron menambahkan, saat operasi itu pihaknya melakukan pengecekan terhadap 23 bus termasuk bus pariwisata yang melintas di area Terminal Kertonegoro Ngawi. Hasilnya terdapat dua bus Antarkota Antarprovisi (AKAP) yang kedapatan beroperasi tidak sesuai dengan trayek. Selain itu satu bus yang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)nya mati.

“Kita pastikan bus yang keluar dari Terminal Kertonegoro Ngawi ini sudah lolos uji dan layak jalan, sehingga perjalanan penumpang atau pemudik aman dan nyaman, bagi yang tidak lolos langsung kami tilang dan dilarang beroperasi. Ada satu bus yang STNK mati dan ditilang oleh Satlantas Polres Ngawi karena itu kewenangannya pihak kepolisian,” imbuhnya.

Selain melakukan pengecekan kelayakan armada, pihak Terminal Kertonegoro Ngawi juga telah bersiap untuk menyambut musim Mudik Lebaran 2024 ini. Sejumlah fasilitas juga sudah mulai dibenahi. Salah satunya upaya pembenahan landasan terminal yang terbuat dari paving dan aspal.

“Upaya peningkatan pelayanan juga telah kami siapkan termasuk perbaikan landasan yang sudah rusak. Agar manuver bus aman dan nyaman,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya