SOLOPOS.COM - Polisi saat mendapati laporan kotak amal yang tergeletak begitu saja di dekat sungai kecil perbatasan antara Kelurahan Karangtengah dengan Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. (ANTARA/ HO-Polisi)

Solopos.com, BLITAR – Warga di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, digegerkan dengan penemuan belasan kotak amal kosong di dekat sungai kelurahan setempat. Diduga, belasan kotak amal kosong itu merupakan barang bukti (BB) aksi pencurian. Saat ini, kasus tersebut telah ditangani Polres Blitar.

Kapolsek Sananwetan, Kompol Agus Hendro Tri, mengatakan pihaknya menerima laporan dari warga yang menemukan beberapa kotak amal dengan posisi di dekat sungai kecil perbatasan antara Kelurahan Karangtengah dengan Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami ke lokasi dan mengeceknya dan benar [ada kotak amal kosong],” kata dia, Senin (25/3/2024).

Dia menuturkan polisi menemukan sejumlah kotak amal yang berserakan di lokasi temuan itu. Total terdapat sebanyak 11 kotak amal yang ditemukan.

Saat ini, kotak amal yang ditemukan itu sudah diamankan. Kotak amal itu diketahui dengan stiker alamat berbeda-beda baik dari Kota Blitar hingga luar kota yakni dari Kepanjen, Malang.

Beberapa di antaranya adalah kotak amal terbuat dari kaca dengan stiker beralamat Musala Fakudin Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar dengan kondisi kotak amal rusak dan kosong.

Kotak amal terbuat dari kaca dengan stiker beralamat Masjid Al Fatah Kelurahan Kepanjenkidul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar dengan kondisi rusak.

Ada juga kotak amal terbuat dari kaca dengan stiker kotak peduli yatim dan duafa, Panti Asuhan Nur Jannah Jalan Simpang Adi Santosa, Kepanjen, Kabupaten Malang. Isinya juga kosong.

Begitu juga dengan kotak amal terbuat dari kaca dengan stiker beralamat Pondok Pesantren Sabulluus Salam, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, serta beberapa kotak lainnya.

Pihaknya masih mengusut temuan tersebut termasuk meminta keterangan sejumlah saksi mata. Beberapa saksi yang sudah dimintai keterangan di antaranya warga yang melaporkan serta beberapa warga lainnya yang mengetahui kejadian itu.

“Kami masih mengusut-nya. Kami sudah minta keterangan sejumlah saksi,” ucap dia yang dikutip dari Antara.

Pihaknya belum bisa memastikan apakah kasus itu pencurian atau lainnya, sebab sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan oleh petugas.

Selain itu, Polsek Sananwetan, Kota Blitar juga koordinasi dengan Satreskrim Polres Blitar Kota terkait dengan temuan ini.

Saat ini, barang bukti kotak amal itu sudah diamankan di kantor polisi guna mengungkap kasus tersebut. Lokasi temuan juga sudah diberi garis polisi. Bagi yang tidak berkepentingan tidak diizinkan memasuki area oleh polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya