SOLOPOS.COM - Sajian rawon setan di warung Rawon Setan Embong Malang di Kota Surabaya. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, SURABAYA — Kota Surabaya merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur. Selain dikenal sebagai kota yang penuh sejarah perjuangan kemerdekaan, Surabaya juga memiliki banyak kuliner khas yang memiliki cita rasa unik dan lezat.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Surabaya, tempat kuliner tentu menjadi salah satu yang diburu. Berikut ini deretan kuliner legendaris yang ada di Surabaya dikutip dari tourism.surabaya.go.id.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

  1. Rujak Cingur Achmad Jais

Salah satu kuliner yang tidak boleh terlewat adalah rujak cingur. Kuliner khas Surabaya ini terdiri dari cingur (mulut sapi yang direbus), tahu dan tempe goreng, kecambah, kangkung, dan buah-buahan yang disiram dengan sambal kacang.

Namun berbeda dari penjual rujak cingur lainnya, Rujak Cingur Achmad Jais adalah salah satu legendaris kuliner ini. Tempat ini dinamai Rujak Cingur Achmad Jais dikarenakan alamat lokasinya yakni Jalan Achmad Jais No. 40, Kecamatan Genteng. Rujak Cingur Achmad Jais dijual dengan harga yang cukup mahal, tetapi kualitas makanan mereka juga sama tingginya. Selain itu, pelanggan juga bisa menentukan level kepedasan rujak cingur mereka sendiri.

  1. Lontong Balap Rajawali

Sama seperti Rujak Cingur Achmad Jais, nama Lontong Balap Rajawali didapat dari alamat lokasi tempat jualan kuliner itu, yakni di Jalan Rajawali No. 47, Kecamatan Krembangan.

Berlokasi di wilayah Kota Tua Surabaya, Lontong Balap Rajawali ini berada di kawasan bangunan-bangunan bersejarah yang kini menjadi tempat wisata seperti Museum de Javasche Bank dan Gedung Cerutu Surabaya.

  1. Rawon Setan

Berlokasi di Jalan Embong Malang, Rawon Setan juga merupakan salah satu tempat makan yang sangat terkenal di Kota Surabaya. Penggunaan kata ‘setan’ dalam nama rawon ini dikarenakan warna kuah rawon yang terkenal hitam legam. Tempat Rawon Setan ini berada di pusat kota.

  1. Semanggi Dempo

Semanggi Dempo adalah rumah makan yang memiliki pecel semanggi sebagai menu utama mereka. Pecel semanggi adalah makanan khas Surabaya yang memiliki rasa unik dibandingkan dengan pecel pada umumnya. Hal ini karena sambal pada pecel semanggi dibuat dari ubi jalar. Selain menunya yang khas, lokasi Semanggi Dempo berada di Jalan Dempo No. 19 Kecamatan Sawahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya