SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Posko Satgas Penanganan Karhutla di Magetan, Selasa (10/10/2023). (Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, SURABAYA — Teka-teki arah dukungan Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, dalam Pilpres 2024 nampaknya kian terungkap. Khofifah memberikan sinyal bakal bergabung dalam Tim Pemenangan Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, setelah purnatugas sebagai Gubernur Jawa Timur pada 31 Desember 2023.

“Resminya nanti Januari kawan-kawan,” kata Khofifah yang merupakan Gubernur Jatim itu, Minggu (10/12/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sinyal langkah dukungan Khofifah juga diperjelas dengan pernyataannya dengan menyebut bahwa partai-partai yang memberikannya rekomendasi maju pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024, merupakan bagian dari partai-partai pengusung Prabowo-Gibran yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Saat ini sudah dua partai KIM yang resmi memberikan rekomendasi bagi Khofifah berkompetisi pada Pilkada Jawa Timur tahun depan, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra.

“Kawan-kawan bisa melihat trennya bahwa partai-partai pengusung ini kebetulan afiliasinya di 02,” ujarnya yang dikutip dari Antara.

Khofifah melanjutkan, “Kawan-kawan sudah bisa melihat tren afiliasi pengusungnya.”

Setelah purnatugas sebagai Gubernur Jawa Timur, dia akan melaksanakan ibadah umrah. Khofifah berencana melakukan ibadah umrah pada 1 Januari 2024.

Diberitakan sebelumnya, Khofifah pada Minggu ini resmi menerima rekomendasi dari Partai Gerindra untuk bertarung pada Pilkada Jawa Timur 2024. Rekomendasi Gerindra itu menyusul langkah PAN yang terlebih dahulu menyerahkan surat serupa di Surabaya pada hari Senin, 4 Desember 2023.

Khofifah menyebut Partai Demokrat juga mendukungnya untuk maju di gelanggang pertarungan Jatim 1. Namun, hal itu masih sebatas lisan.

“Kemarin PAN, kemudian secara lisan Pak SBY [Susilo Bambang Yudhoyono] juga menyampaikan, insyaallah Demokrat juga mendukung,” kata Khofifah.

Khofifah juga menyatakan sudah mendengar informasi dukungan dari Partai Golkar, dia pun menunggu penyertaan resminya.

“Golkar sudah terkonfirmasi, tetapi suratnya belum sampai. Saya sudah dapat informasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya