SOLOPOS.COM - Ilustrasi penangkapan remaja pembawa senjata tajam. (Freepik)

Solopos.com, MAGETAN – Dua anak di bawah umur tertangkap basah saat mencuri ayam di Desa Jabung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Senin (25/3/2024). Pelaku sempat diarak warga sebelum diserahkan ke pihak kepolisian.

Gunadi salah seorang warga memaparkan, kejadian penggerebekan itu berawal dari keresahan warga akibat ulah salah seorang pelaku pencurian yang sudah dua kali kedapatan mencuri di wilayah Desa Jabung. Pada saat itu, pelaku dan seorang rekannya dari Kecamatan Sidorejo, Magetan masuk ke kandang ayam milik Budi, warga Desa Jabung, untuk mencuri.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Warga yang mengetahui kedua pelaku masuk kandang ayam, lantas mengintai dan menunggu pelaku keluar. Hasilnya didapati pelaku berhasil membawa empat ekor ayam. Warga pun secara ramai-ramai mengejar pelaku dan mengaraknya keliling kampung.

“Sudah dua kali, pertama mencuri burung yang terakhir ini mencuri ayam. Salah satu pelaku pencurian itu tetangga saya sendiri kemungkinan juga masih anak di bawah umur,” katanya, Selasa (26/3/2024).

Sementara itu, Kepala Desa Jabung, Wito, mengatakan setelah diarak oleh warga, pelaku langsung dibawa ke Kantor Desa Jabung untuk diamankan dari amukan warga. Karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak desa lalu melapor ke pihak kepolisian dan menyerahkan kedua pelaku.

“Setelah diarak lalu dibawa ke Kantor Desa Jabung, kemudian langsung saya serahkan ke pihak Polsek Panekan untuk ditangani di sana,” ungkapnya.

Kapolsek Panekan, AKP Iin Pelangi, membernarkan adanya tindak pencurian ayam di wilayahnya. Menurutnya kedua pelaku diamankan terlebih dahulu oleh warga sebelum diserahkan ke pihak kepolisian.

“Benar memeng telah terjadi pencurian empat ekor ayam di Desa Jabung dan pelaku terlebih dulu diamankan oleh warga sebelum diserahkan ke Polsek,” jelasnya.

Iin menambahkan, kedua pelaku berinisial G, dan L warga Kecamatan Panekan dan Kecamatan Sidorejo, Magetan itu masih di bawah umur. Meski demikian pihaknya tetap memeriksa dan menahan pelaku untuk dimintai keterangan.

“Kedua pelaku masih di bawah umur, meski demikian kami tetap memintai keterangan dan memeriksa pelaku untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya