SOLOPOS.COM - Ilustrasi manusia lanjut usia bugar dan bahagia. (Freepik.com)

Solopos.com, SURABAYA – Angka harapan hidup di setiap daerah berbeda-beda. Perbedaan angka harapan hidup setiap daerah ini memiliki banyak faktor.

Harapan hidup sendiri merupakan jumlah rata-rata usia yang diperkirakan pada seseorang atas dasar angka kematian pada masa tersebut yang cenderung tidak berubah di masa mendatang. Angka harapan hidup menjadi sarana evaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya di suatu negara atau daerah. Beberapa faktor yang mempengaruhi angka harapan hidup ini adalah kesejahteraan serta kesehatan pendudukan di wilayah tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Di Jawa Timur yang terdiri dari 38 kota/kabupaten memiliki angka harapan hidup yang berbeda-beda. Berikut ini lima daerah dengan angka harapan hidup tertinggi di Jawa Timur menurut buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2024 yang disusun Badan Pusat Statistik (BPS).

  1. Kabupaten Tulungagung

Menduduki posisi pertama sebagai wilayah dengan angka harapan hidup tertinggi di Jawa Timur adalah Kabupaten Tulungagung. Di tahun 2023, usia rata-rata di Tulungagung mencapai 74,91 tahun. Pada tahun-tahun sebelumnya, usia rata-rata di Tulungagung 73,74 tahun.

  1. Kota Surabaya

Posisi kedua ada Kota Surabaya dengan angka harapan hidup mencapai 74,75 tahun pada tahun 2023. Angka harapan hidup di Surabaya mengalami peningkatan sejak 2018, kecuali pada 2020 dan 2021. Pada tahun itu usia rata-rata penduduk Surabaya adalah 74,18 tahun.

  1. Kabupaten Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah ketiga dengan angka harapan hidup tertinggi di Jawa Timur. Terekam di tahun 2023 bahwa rata-rata usia masyarakat di Sidoarjo mencapai 74,69 tahun.

  1. Kota Kediri

Wilayah dengan angka harapan hidup tertinggi di Jawa Timur nomor empat adalah Kota Kediri. Tidak jauh dari angka Kabupaten Sidoarjo, angka harapan hidup di Kota Kediri terdata sebesar 74,67 tahun pada 2023. Pada 2018, usia rata-rata masyarakat Kota Kediri di angka 73,80 tahun.

  1. Kota Blitar

Wilayah terakhir dalam daftar ini adalah Kota Blitar. Dengan jarak hanya sebesar 0,01 dengan Kota Kediri, angka harapan hidup di Kota Blitar pada tahun 2023 adalah 74,66. Angka harapan hidup di Kota Blitar ini mengalami peningkatan sejak 2018, pada tahun itu rata-rata usia penduduk daerah setempat hanya 73,66 tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya