SOLOPOS.COM - Ketua Tim Survei Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang Rully Inayah Ramadhoan (kiri) pada saat memberikan pemaparan hasil survei kepada media di Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (18/10/2023). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Solopos.com, MALANG — Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merilis hasil survei yang dilakukan terkait Pilpres 2024. Hasil survei itu menyebutkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD unggul di wilayah Jawa Timur dengan perolehan suara 42,7 persen.

Ketua Tim Survei Pusat Studi Ilmu Politik UMM, Rully Inayah Ramadhoan, mengatakan bahwa simulasi yang dilakukan timnya menempatkan pasangan Ganjar-Mahfud berada di urutan pertama.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Tadi pagi PDI Perjuangan telah mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. Pasangan tersebut berdasarkan simulasi paling tinggi dipilih responden, sebesar 42,7 persen,” katanya di Malang, Rabu (18/10/2023).

Dia menyampaikan simulasi yang dilakukan Pusat Studi Ilmu Politik UMM itu dilakukan dengan melibatkan 1.000 responden yang tersebar di berbagai wilayah dan tersebar secara proporsional pada 100 kelurahan atau desa di 36 kota/kabupaten.

Survei tersebut merupakan penelitian ilmiah independen yang didanai secara mandiri oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Survei tersebut memiliki sampling error lebih kurang 3,1 persen.

Selain menempatkan pasangan Ganjar-Mahfud pada posisi pertama, dalam survei itu juga dilakukan simulasi pada pasangan lain, yakni Prabowo Subianto yang dipasangkan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berada di urutan kedua.

“Untuk Prabowo dan Khofifah berada di urutan kedua dengan 36,3 persen dan terakhir adalah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan 19,7 persen,” katanya yang dikutip dari Antara.

Jika dilihat lebih dalam, pasangan Ganjar-Mahfud lebih banyak dipilih oleh kaum perempuan, yakni mencapai 45,4 persen. Sementara untuk kaum laki-laki lebih banyak memilih pasangan Prabowo-Khofifah dengan dukungan 40,8 persen.

Sementara jika dilihat dari kelompok umur, responden berusia 59-85 tahun lebih banyak memilih Prabowo-Khofifah sebesar 40,2 persen, usia 43-58 tahun sekitar 44,2 persen memilih Ganjar-Mahfud, dan kelompok usia 27-42 juga memilih Ganjar-Mahfud mencapai 44,8 persen.

“Sementara untuk generasi berusia 17-26 tahun, lebih banyak memilih pasangan Prabowo-Khofifah, mencapai 48,1 persen,” katanya.

Namun, jika dilakukan simulasi terhadap dua pasangan saja, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa, sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tereliminasi, menunjukkan hasil yang berbeda.

“Hasil simulasi dua pasangan calon menunjukkan Prabowo-Khofifah mendapatkan 49,3 persen, unggul tipis dari pasangan Ganjar-Mahfud yang mendapatkan 48,6 persen,” katanya.

Hingga saat ini sudah ada tiga nama yang menjadi bakal calon presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yakni Ganjar Pranomo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sementara Ganjar Pranowo baru saja diumumkan berpasangan dengan Mahfud MD yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).

Sementara Prabowo Subianto belum mengumumkan bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya