SOLOPOS.COM - Seorang atlet paralayang yang mengalami kecelakaan saat mengikuti pertandingan Porprov Jatim 2023 di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Senin (11/9/2023). (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN — Seorang atlet paralayang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2023 Jawa Timur mengalami kecelakaan saat berlaga di Bukit Watu Bayang, Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Senin (11/9/2023). Atlet muda itu tersangkut di dahan pohon.

Dalam video yang beredar, seorang atlet paralayang terlihat tersangkut di pohon yang ada di lokasi venue paralayang Porprov 2023. Kemudian sejumlah petugas terlihat menyelamatkan atlet tersebut. Atlet perempuan itu selanjutnya dievakuasi untuk mendapatkan perawatan medis.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Meet Director Cabor Paralayang Porprov Jatim 2023, Samsul Hadi, mengatakan insiden itu menimpa salah satu atlet junior cabang olahraga paralayang. Atlet yang mengalami kecelakaan tersebut merupakan kontingen dari Probolinggo.

Dia menyampaikan penyebab dari insiden tersebut diduga karena parasut yang digunakan bukan parasut untuk paralayang, tetapi parasut untuk olahraga paramotor.

“Itu karena parasut yang digunakan untuk paramotor. Kami sudah mengingatkan manajernya. Supaya tidak menggunakan parasut itu. Sehingga saat terbang sebentar langsung drop dan tidak bisa sampai landing di sana [area],” jelas dia, Senin.

Samsul menuturkan kecelakaan itu bukan disebabkan kondisi alam di venue Bukit Watu Bayang. Panitia telah mengukur kecepatan angin yang layak untuk digunakan terbang. Sesuai kesepaktan, kecepatan angin yang digunakan untuk bertanding yakni 15 km per jam.

Mengenai kondisi atlet tersebut, kata dia, tidak mengalami luka-luka. Atlet paralayang dari Probolinggo itu pun sudah mendapatkan perawatan medis.

Lebih lanjut, Samsul menuturkan standar yang ditetapkan supaya pertandingan paralayang digelar itu kecepatan angin 15 km per jam. Ketika kecepatan angin melebihi itu, maka akan ditunggu hingga rendah.

Bukit Watu Bayang di Desa Klangon ditunjuk menjadi venue untuk cabor paralayang Porprov Jatim 2023. Sebanyak 78 atlet dari berbagai daerah akan berlaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya