SOLOPOS.COM - Kondisi Bus Restu yang menambrak truk tronton muatan beton paku bumi di KM 567 Tol Ngawi-Solo tepatnya di Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024). (Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com,NGAWI – Sebuah bus rombongan guru yang hendak berlibur ke Yogyakarta mengalami kecelakaan maut di KM 567 Tol Ngawi-Solo tepatnya di Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024).

Kecelakaan ini menyebabkan kedua kernet kendaraan meninggal dunia. Anugrah Aviciena Arif, 23, Warga warga Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan yang merupakan kernet bus meninggal di lokasi kejadian. 

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sementara kernet truk bernama David Angga Fauzi, 30, warga Desa Ngrame, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto meninggal seusai terjebak beberapa jam di bawah tumpukan paku beton.

Bus Restu berpelat nomor N 7223 UF diketahui berisikan rombongan guru dari Yayasan Charis Malang yang hendak berlibur ke Yogyakarta. 

Awalnya, rombongan yayasan itu diberangkatkan dari Malang, Jawa Timur pada Rabu dini hari sebanyak 3 bus. Namun nahasnya satu bus mengalami kecelakaan dan tidak sampai tujuan.

Kecelakaan bermula saat Bus Restu berisikan 36 penumpang yang dikemudikan oleh Muhammad Basri, 48, warga Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan melaju dari arah Ngawi, Jawa Timur menuju Solo, Jawa Tengah. 

Sesampainya di lokasi diduga sopir hendak mendahului truk tronton berpelat nomor B 9148 BEA bermuatan beton paku bumi yang dikemudikan oleh Suwignyo,55, warga Desa Ngrame, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Namun nahas, saat hendak mendahului, diduga sopir bus terlalu mengambil haluan ke kiri sehingga menabrak bagian belakang truk tronton dan mengenai muatan beton paku bumi. 

Akibatnya puluhan beton itu terpelanting ke bagian depan truk. Yang menyebabkan kabin kemudi truk hancur serta menimpa sopir dan kernet truk.

Kasat Lantas Polres Ngawi AKP M Sapari mengatakan, kecelakaan itu terjadi lantaran kurang hati-hatinya pengemudi Bus Restu dalam memacu kendaraannya di jalan tol. Apalagi kejadian tersebut terjadi pada pagi hari yang merupakan jam rawan pengemudi mengantuk.

“Dugaan sementara karena kelalaian supir Bus Restu karena mungkin kurang fokus dan menyebabkan kecelakaan menghantam bagian belakang truk tronton muatan beton ini,” kata AKP M Sapari kepada Solopos.com, Rabu.

Semua penumpang bus kini sudah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. 

Sementara petugas masih kesulitan untuk mengevakuasi kedua kendaraan dan membutuhkan bantuan alat crane untuk mengangkat bodi kedua kendaraan dari tepi jalan tol.

“Hingga saat ini petugas masih berupaya untuk mengevakuasi kedua kendaraan dan membutuhkan alat berat untuk mengevakuasinya,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya