SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang baru. (BI)

Solopos.com, SURABAYA – Masyarakat yang membutuhkan uang baru untuk keperluan perayaan Lebaran 2024 bisa menukarkan uang di 500 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di Jawa Timur. Selain itu, masyarakat juga bisa menukarkan uang Rupiah baru melalui layanan kas keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan pasar modern.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jawa Timur, Erwin Gunawan Hutapea, mengatakan mulai tanggal 15 Maret hingga 5 April 2024, masyarakat bisa memanfaatkan berbagai jenis layanan penukaran uang Rupiah yang disediakan Bank Indonesia Jatim dan perbankan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dia menyebut penukaran uang dapat dilakukan di 500 titik layanan kantor bank dan penyediaan layanan penukaran uang Rupiah melalui layanan kas keliling di sejumlah lokasi strategis. BI Jatim bekerja smaa dengan perbankan akan menyelenggarakan layanan kas regular, terpadu, tematik, dan peduli mudik.

Erwin menuturkan pada tanggal 2 sampai 5 April 2024, BI menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik di Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Bandara Juanda, dan rest area Sidoarjo, Mojokerto, dan Jombang. Untuk mendapatkan layanan penukaran uang Rupiah yang lebih baik melalui kas keliling dan layanan penukaran terpadu, masyarakat diharaapkan memesna penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi Pintar (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) di https://pintar.bi.go.id.

Dia menjelaskan pada momen Ramadan dan Lebaran tahun ini, Bank Indonesia Jatim telah menyiapkan uang layak edar (ULE) senilai Rp23,2 triliun. Jumlah uang layak edar yang disediakan pada tahun ini meningkat 4,04 persen dibandingkan realisasi tahun 2023 yang tercatat senilai Rp22,3 triliun.

“Kenaikan jumlah ULE yang disiapkan ini sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan uang Rupiah sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri,” kata dia saat peresmian program Semarak Rupiah Ramadan dan berkah Idulfitri (Serambi) 2024 di Kantor Bank Indonesia Jawa Timur, Selasa (19/3/2024).

Erwin menyampaikan pihaknya berupaya untuk meningkatkan kualitas program Serambi setiap tahunnya. Pada tahun ini penguatan program di antaranya adalah modernisasi armada kas keliling, penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada Aplikasi Pintar untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

“Serambi 2024 menjadi momen Bank Indonesia untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. Cinta Rupiah yang diwujudkan dengan senantiasa menyayangi Rupiah dengan mengenali ciri keaslian uang Rupiah melalui #d yaitu dilihat, diraba, dan diterawang. Selain itu juga merawat Rupiah yang dimiliki melalui 5J, yaitu jangan dilipat, jangan dicoret, jangan diremas, jangan stapler, dan jangan dibasahi,” jelas dia yang dikutip dari kominfo.jatimprov.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya