SOLOPOS.COM - Caleg DPR RI Dapil Jatim VIII. (Solopos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN – Hasil real count sementara untuk pemilihan legislatif DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur VIII yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (16/2/2024) per pukul 17.30 WIB menyebutkan data yang telah masuk sebanyak 43,00% atau 5.875 TPS dari 13.663 TPS.

Berdasarkan PKPU No. 6/2023 tentang Dapil dan Alokasi Kursi DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2024 menyebutkan untuk Dapil VIII Jawa Timur dengan wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kota Mojokerto, dan Kota Madiun memiliki alokasi kursi di DPR RI sebanyak 10 kursi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dalam data tersebut, caleg yang mendapatkan suara terbanyak yaitu Muhtarom dengan meraih 40.868 suara. Muhtarom merupakan mantan Bupati Madiun dua periode. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga merupakan petahana di DPR RI Dapil VIII Jawa Timur.

Sedangkan posisi kedua diraih caleg dari Partai NasDem, Muhammad Habibur Rochman. Dia mendapatkan 35.707 suara.

Posisi ketiga yakni Yahya Zaini yang merupakan politikus Partai Golkar. Dia mendapatkan dukungan sebanyak 32.309 suara.

Posisi keempat diraih Meitri Citra Wardani. Politikus PKS itu mendapatkan 29.488 suara. Posisi kelima diraih Rusdi Kirana, yang merupakan politikus PKB dengan meraih 27.538 suara.

Posisi keenam ditempati Bayu Airlangga dari Partai Golkar dengan meraih 25.042 suara. Posisi ketujuh diraih politikus PDIP bernama Sadarestuwati yang mendapatkan 24.082 suara. Posisi kedelapan diraih Abdul Halim Iskandar yang merupakan politikus PKB dengan meraih 22.747 suara.

Sedangkan posisi kesembilan diraih Mochamad Irfan Yusuf, politikus asal Partai Gerindra itu mendapatkan 22.423 suara. Posisi terakhir atau kesepuluh, Julianto PH, politikus asal Golkar meraih 20.747 suara.

Data tersebut merupakan data sementara. KPU masih terus menghitung dan memasukkan data tersebut dalam kanal pemilu2024.kpu.go.id. Itu merupakan 10 nama caleg dengan perolehan suara terbanyak dan yang berpotensi jadi anggota DPR RI, jika menggunakan suara terbanyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya