SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi kurban.(Freepik.com)

Solopos.com, NGAWI – Kebutuhan hewan kurban sapi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, diperkirakan mencapai 2.892 ekor. Sedangkan kebutuhan hewan kurban kambing mencapai 13.460 ekor dan domba 402 ekor.

Plt Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi, Tony Wibowo, mengatakan pemkab menjamin ketersediaan hewan kurban untuk memenuhu kebutuhan masyarakat yang akan berkurban pada perayaan Iduladha 2024.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ketersediaan hewan kurban di Ngawi dipastikan sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, bahkan surplus,” kata dia, Jumat (7/6/2024).

Menurutnya, ketersediaan hewan kurban sapi di Ngawi saat ini berdasarkan pendataan timnya mencapai 2.892 ekor.

Kemudian kambing sebanyak 13.460 ekor dan domba 402 ekor. Sementara, jumlah kebutuhan hewan kurban pada Iduladha tahun kemarin, untuk sapi mencapai sebanyak 2.651 ekor, kambing sebanyak 12.339 ekor, dan domba 369 ekor.

“Jika melihat data tersebut, maka dipastikan ketersediaan hewan kurban di Ngawi sangat cukup, dan bahkan surlpus,” katanya yang dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, Tony menjelaskan untuk memastikan kesehatan hewan kurban yang dijual, pihaknya bersama tim rutin melakukan pemantauan dan pemeriksaan di pasar hewan maupun kandang peternak.

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi melibatkan sekitar 28 petugas untuk pemeriksaan tersebut, termasuk pemeriksaan setelah penyembelihan Iduladha nanti.

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi juga meminta seluruh panitia kurban, takmir masjid, dan masyarakat tetap hati-hati saat memilih dan membeli hewan kurban.

Saat memilih hewan kurban, khususnya yang mendatangkan dari luar daerah Ngawi wajib dilengkapi dengan surat kesehatan hewan dari otoritas veteriner daerah asal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya