SOLOPOS.COM - Agus Priyadi, petani hutan di kawasan lereng Gunung Wilis, Kabupaten Madiun, memanen madu klanceng, Rabu (2/3/2022). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Budidaya lebah penghasil madu klanceng di Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Satu liter madu klanceng dijual dengan harga Rp400.000.

Perawat lebah di Kelompok Tani Hutan Ngudi Waluyo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Agus Priyadi, mengatakan awalnya mendapatkan 24 koloni atau kotak dari Dinas Kehutanan pada Maret 2021. Beberapa bulan dikembangkan, ada dua koloni yang berhasil berkembang biak dan membuat koloni baru, sehingga saat ini menjadi 26 koloni.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Ini kebetulan kan tempatnya mendukung. Vegetasinya bagus. Ada pohon dan tanaman bunga yang cukup banyak, sehingga untuk kebutuhan pangan lebah terpenuhi,” jelas dia, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Melihat Budidaya Madu Klanceng di Madiun, Begini Proses Panen

Agus menuturkan dalam sekali panen, satu koloni bisa menghasilkan 300 mililiter hingga 500 mililiter. Setiap kotak atau koloni bisa dipanen setiap dua bulan sekali. Namun, hal itu juga tergantung dari produktivitas lebah.

Agus menceritakan setiap kali panen, madu klanceng produksinya langsung diserbu pembeli. Bahkan sebelum panen, sudah ada yang antre untuk membelinya.

“Belum sampai dipromosikan dan dijual, madu klanceng ini sudah habis terjual. Bahkan ini ada yang sudah antre untuk membeli madu klanceng,” jelas dia.

Agus mengatakan budidaya lebah madu klanceng ini masih terbuka lebar untuk dikembangkan. Hal ini karena pasar penjualan madu ini masih kekurangan pasokan.

Baca juga: Rahasia Budidaya Lebah Madu Klanceng di Lereng Gunung Wilis Madiun

Mengenai siklus hidup lebah madu klanceng ini antara 60 hari hingga 100 hari. Dalam satu koloni pasti memiliki satu ratu lebah. Ratu lebah ini memiliki peran yang sangat penting dalam hal regenerasi dan produksi madu.

Bagi yang tertarik membudidayakan lebah madu klanceng ini utamanya harus menyediakan vegetasi yang dibutuhkan. Dia menyarankan salah satu tanaman yang harus tersedia adalah tanaman air mata pengantin. Hal ini karena tanaman tersebut bisa berbunga sepanjang tahun dan tidak mengenal musim.

“Untuk harga satu koloni atau satu kotak itu sekitar Rp1 juta. Tapi memang harus dipersiapkan vegetasinya,” kata dia.

Lebih lanjut, dia menuturkan madu klanceng ini juga memiliki sejumlah khasiat yang sangat berguna bagi tubuh. Seperti bisa menyembuhkan sakit maag dan pereda batuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya