SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah sakit (JIBI/Solopos/Dok.)

Wisata Surabaya diarahkan ke wisata kesehatan, inovasi terbaru Wali Kota Risma.

Madiunpos.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya berencana ingin menjadikan Surabaya sebagai kota tujuan wisata kesehatan yang dapat dijadikan rujukan pelayanan kesehatan layaknya rumah sakit yang ada di Singapura dan Malaysia. Inovasi penembangan wisata Surabaya itu disampaikan langsung oleh Wali Kota Tri Rismaharini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Keinginan atas pengembangan wisata Surabaya tersebut salah satunya didorong dengan menggelar kegiatan Surabaya Health Season (SHS) rutin setiap tahun. Dalam kegiatan selama 12 April-31 Mei 2015 tersebut, berbagai rumah sakit di Surabaya akan memberikan pelayanan kesehatan dengan harga spesial.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan Surabaya tidak memiliki sumber daya alam (SDA) dan keindahan alam untuk menunjang pariwisata, tetapi  Surabaya banyak memiliki potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata baru. “Industri Kesehatan merupakan salah satu potensi yang harus dikembangkan menjadi wisata kesehatan. Sebagai kota perdagangan dan jasa, mau tidak mau kita harus mengoptimalkan sektor jasa yang dimiliki,” katanya dalam siaran pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Surabaya, Minggu (12/4/2015).

Empat Tahun
Dia menambahkan jasa penawaran pelayanan kesehatan dalam bentuk paket sekarang ini sudah harus mulai dilakukan oleh para pelaku industri kesehatan. Selama ini banyak warga Surabaya yang lebih memilih berobat ke luar negeri dibandingkan di Surabaya.

“Rencana ini sebenarnya sudah empat tahun lalu, tapi masih belum adanya titik temu antara RS di Surabaya dalam membahas biaya paket pelayanan kesehatan.Menjelang diberlakukannya MEA mau tidak mau harus segera formulasikan,” ujarnya.

Dia menambahkan agar  wisata kesehatan segera terwujud, pemkot juga akan bersinergi dengan pihak biro perjalanan. Nantinya, lanjut Risma, biro perjalanan akan membantu melakukan promosi layanan kesehatan di Surabaya.

“Kami siap menyediakan ambulance di bandara sebagai sarana antar jemput pasien berobat. Kemudian bagi keluarga kami tawarkan penginapan di hotel. Memang sudah ada beberapa RS di Surabaya yang sudah menyediakan hotel khusus bagi keluarga pasien,” imbuh walikota perempuan pertama itu.

12 Rumah Sakit
Adapun penyelenggaraan SHS tahun ini bertajuk Optimalisasi Pelayanan Kesehatan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 Untuk mewujudkan Surabaya Kota Sehat.  Kegiatan tersebut diikuti oleh tenaga medis rumah sakit, klinik, puskesmas, laboratorium, kader posyandu, kader lansia, bumantik, kader lingkungan, sekolah kesehatan, hingga organisasi profesi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita menambahkan dalam kegiatan itu juga ada pameran kesehatan serta UKM di lokasi yang sama. Dalam pameran tersebut diikuti 12 rumah sakit, 4 klinik, dan seluruh puskesmas di wilayah Kota Surabaya.

“Intinya kami ingin mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya