SOLOPOS.COM - Pengunjung memberi makan rusa di kebun binatang mini di Telaga Ngebel Ponorogo, akhir April 2016. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Wisata Ponorogo, kebun binatang mini yang ada di Telaga Ngebel tidak terawat.

Madiunpos.com, PONOROGO — Kebun binatang mini yang ada di kawasan wisata Telaga Ngebel, Ponorogo, Jawa Timur, terbengkalai. Saat ini hanya ada dua ekor rusa menghuni kebun binatang mini itu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pantauan Madiunpos.com di kebun binatang mini Telaga Ngebel akhir pekan April 2016, letak kebun binatang mini ini tergolong tersembunyi karena berada di bukit yang dikelilingi rerimbunan pepohonan.

Selain itu tidak ada papan nama yang menunjukkan tempat itu merupakan kebun binatang. Di kebun binatang itu hanya ada satu kandang yang dikelilingi pagar besi setinggi satu meter.

Di dalam kandang pun terlihat kotor dan hanya ada dua ekor rusa dan ilalang yang memperlihatkan tempat itu tidak pernah dirawat. Besi kandang juga berkarat dan tidak dicat.

Seorang penjual di Telaga Ngebel, Darmaji, menuturkan beberapa tahun yang lalu sebenarnya kebun binatang itu masih aktif dan ada sejumlah hewan yang diletakkan di kebun binatang mini itu. Selain rusa, saat itu juga ada burung merak dan beberapa hewan lainnya.

Tetapi, proses berjalannya waktu, kebun binatang itu tidak dirawat dan sebagian hewan ada yang mati hingga kini hanya tersisa dua ekor rusa.

“Petugas biasanya memberi makan rusa itu saat pagi dan sore hari, ya Cuma dikasih makan, tetapi kandang tidak dirawat,” kata warga Ngebel itu.

Menurut dia, sebenarnya ketika kebun binatang itu diaktifkan lagi tentu akan berdampak baik pada pertumbuhan pariwisata di Telaga Ngebel. Pengunjung tidak hanya disuguhi wisata air di telaga, namun bisa menikmati dan melihat hewan di kebun binatang itu.

“Kami berharap supaya pemerintah bisa menata kembali kebun binatang itu dan merawatnya lagi, supaya menarik wisatawan juga,” ujar dia.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Ponorogo, Adam Parikesid, mengatakan sebenarnya cita-cita awal memang ingin membangun kebun binatang mini di Telaga Ngebel.

Saat itu, sudah ada sejumlah hewan yang ditempatkan di situ. Namun, dalam perjalanannya memang hewan-hewan itu kurang terawat.

Dia menuturkan pembangunan kebun binatang mini di Ngebel itu untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke Telaga Ngebel.

“Untuk merawat hewan itu kan harus memiliki keahlian khusus, hla itu yang belum ada di Telaga Ngebel,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya, Rabu (4/5/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya