SOLOPOS.COM - Bupati Pacitan Indartato beserta pegawai Pemkab Pacitan saat meninjau kawasan TPA Dadapan, Senin (12/4/2016). (pemkabpacitan.go.id)

Wisata Pacitan akan dibangun oleh Pemkab setempat berupa taman buah yang berlokasi di bekas TPA Dadapan.

Madiunpos.com, PACITAN — Pemerintah Kabupaten Pacitan berencana “menyulap” lahan bekas tempat pembuangan akhir (TPA) Dadapan yang berada di Kecamatan Pringkuku menjadi taman buah. Ditargetkan rencana pembangunan taman buah ini akan terealisasi pada akhir tahun 2016.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bupati Pacitan, Indartato, mengatakan Pemkab berencana mengubah bekas TPA Dadapan menjadi taman buah yang bisa dijadikan tempat wisata. Menurut dia, lahan di bekas TPA itu banyak mengandung humus yang sangat cocok untuk tanaman buah-buahan.

“Rencana pembangunan taman buah di kawasan TPA juga bertujuan untuk menepis anggapan kumuh yang selama ini identik dengan TPA,” kata dia seusai meninjau kawasan TPA Dadapan, Senin (11/4/2016).

Indartato menambahkan nantinya di kawasan tersebut akan ditanami sejumlah tanaman buah yang cepat berbuah seperti pepaya, buah naga, jambu, dan buah lainnya. Selain itu, rencana pembangunan taman buah di TPA Dadapan ini juga bisa menjadi habitat burung pemakan buah dan sebagai tempat konservasi.

Dia menyampaikan pembangunan taman di TPA yang berada di tepi jalur utama jalan Pacitan-Solo tersebut membutuhkan persiapan matang. Selain itu, pemerintah juga akan menata tempat bekerja bagi pemulung yang mencari barang sampah di TPA Dadapan.

“Nantinya bangunan yang ada di depan TPA Dadapan akan dipindahkan sehingga tidak tampak dari jalan raya,” kata Indartato yang dikutip Madiunpos.com dari laman pacitankab.go.id, Selasa (12/4/2016).

Lebih lanjut, dia menambahkan sejak beberapa tahun terakhir pengembangan TPA Dadapan diperluas dengan menjorok ke arah selatan. Hal ini karena kapasitas lahan TPA yang lama sudah tidak mampu menampung debit sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya