SOLOPOS.COM - Salah satu pesona wisata Pacitan, Jatim. (www.initempatwisata.com)

Wisata Pacitan jarang menjadi perbincangan masyarakat. Padahal, keindahan alamnya sangat layak untuk dijadikan referensi berlibur.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Tempat Wisata di Pacitan, Jawa Timur (Jatim) sungguh menakjubkan. Keindahan alamnya bisa dikatakan tak kalah dengan wisata lainnya di Nusantara.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berikut adalah tujuh wisata alam di Pacitan yang mengagumkan dikutip dari  www.initempatwisata.com.

Pertama, Pantai Klayar Pacitan. Pantai Klayar terletak di Kecamatan Donorojo, berjarak sekitar 40 km dari kota Pacitan. Untuk sampai di pantai ini, setidaknya membutuhkan waktu tempuh sekitar 60 menit.

Pantai Klayar memiliki hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut, dan air mancur alami setinggi 10 meter.

 

Kedua, Pantai Teleng Ria Pacitan. Pantai Teleng Ria dapat ditempuh dengan waktu 5 menit dari pusat kota Pacitan. Saat ini, Pantai Teleng Ria adalah salah satu tempat wisata Pacitan yang paling ramai dikunjungi.

Hamparan pasir yang indah serta ombak laut yang relatif tenang membuat pantai ini menjadi destinasi favorit bagi banyak keluarga untuk menghabiskan waktu liburannya.

Ketiga, Pantai Watu Karung Pacitan. Pantai Watu Karung di Pacitan terkenal dengan keganasan ombaknya, sebuah pantai yang menjadi tempat surfing berkelas dunia di Pacitan.

Keempat, Goa Gong Pacitan. Di dalam goa ini, terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti gong yang ditabuh. Perjalanan menuju Goa Gong ini relatif mudah melalui jalanan setapak.

Goa Gong terletak di Desa Bomo. Gua ini adalah salah satu yang terkenal dari sejumlah tempat wisata Pacitan. Nama Goa Gong erat kaitannya dengan salah satu nama perangkat gamelan Jawa, yaitu gong.

Kelima, Goa Tabuhan Pacitan. Goa Tabuhan yang terletak di dusun Tabuhan, Desa Wereng ini adalah goa dengan karakter magis yang ada di Pacitan. Nama goa ini berasal dari kata tabuh, yang artinya membunyikan alat musik pukul.

Di dalam goa, Anda dapat menikmati sajian musik gamelan Jawa dengan instrumen yang berasal dari stalaktit dan stalagmit yang dimiliki goa di Jawa Timur yang satu ini.

Keenam, Sungai Maron Pacitan. Sungai Maron adalah “Green Canyon-”nya Pacitan. Sungai ini dapat ditemui di Desa Dersono. Cara terbaik untuk menikmati pesona green canyon ini adalah dengan menyewa perahu penduduk, lalu menyusuri sungai yang panjangnya 4,5 km ini.

Pesona salah satu tempat wisata Pacitan ini terletak pada panorama alam yang dapat Anda nikmati tatkala menyusuri alur sungai. Paduan harmoni alam dari pepohonan hijau di sepanjang tepian sungai, tanaman kelapa, serta air sungai yang jernih sungguh menyuguhkan pengalaman wisata yang menawan hati.

Anda akan mendapati sebuah suasana damai di tempat ini. Aliran Sungai Maron bermuara di Pantai Ngiroboyo. Setiap tahun, di sungai ini diadakan lomba dayung yang telah dimulai sejak tahun 2012 silam.

Ketujuh, Pemandian Banyu Anget Pacitan.  Air yang ada di tempat pemandian Banyu Anget berasal dari sumber air panas Tirto Husodo di Pacitan. Pemandian ini terletak sekitar 15 km sebelah utara pusat kota.

Di sana, ada banyak kolam yang ada. Tersedia empat kolam untuk pemandian, 2 kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, serta kolam tempat sumber air panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya